Hari/tanggal : Rabu, 09-10-2024
Kelas : 2 C
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah .Hari ini kita akan mengulas materi Seni Rupa untuk persiapan STS.
- Menyimpulkan perasaan tokoh cerita.
- Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.
Kunci Jawaban1. Memperbaiki2. Mengalah3. LegaLakukan kegiatan berikut ini!Kunci Jawaban
1. Karena mereka sama-sama ingin bermain boneka.
2. Marah, sedih, menyesal, lega, senang.
3. Mimi masuk ke kamar, berteriak, lalu menangis.
4. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.
Misal: Setuju, karena dia tidak memukul adiknya.
5. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.
Misal: Aku akan minta maaf kepada kakakku.
dari menjawab pertanyaan di atas kita dapat menyimpulkan perasaan tokoh dari cerita di atas.
Perhatikan tabel berikut ini!
Pilihlah satu cara menenangkan diri dalam tabel di atas. Lalu, pilih satu cara yang tidak kalian setujui. Sampaikan alasan kalian.Contoh:Saya tidak setuju menenangkan diri dengan bersepeda karena jika bersepeda dengan perasaan marah, kita bisa jatuh.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu memahami kata tanya
ALUR TUJUAN PEMBELAJARANMari kita simak video pembelajaran dibawah ini
Kata TanyaKalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu kepada orang lain dan mengharapkan jawaban. Kalimat tanya biasanya diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?). Bagaimana cara membuat kalimat tanya?
Ada beberapa kata tanya yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kalimat tanya.1 Siapa, digunakan untuk menanyakan nama.Contoh:Kalimat tanya: Siapa namamu?
2. Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu.Contoh:Kalimat tanya: Kapan kamu berangkat ke sekolah?
3. Di mana, ke mana, dari mana, digunakan untuk menanyakan tempat.Contoh:Kalimat tanya: Di mana kamu tinggal?
4.Berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah.Contoh:Kalimat tanya: Berapa jumlah kelerengmu?
5. Apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu halContoh:Kalimat tanya: Apa yang kamu bawa?
6. Mengapa, digunakan untuk menanyakan sebab.Contoh:Kalimat tanya: Mengapa kamu terlambat ke sekolah?
Perhatikan gambar berikut!Yuri marah saat ....
A. bonekanya dirusak adik
B. menang dalam permainan.
C. mendengar suara kembang api
Perhatikan gambar berikut!Tio senang saat....
A. kalah bermain bola
B. mendapat hadiah mainan
C. tangannya terkena batu
Soal Tentang tanda tanya
1. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan alasan maupun sebab dari kejadian yaitu…
A. BagaimanaB. ApaC. SiapaD. Mengapa
2. Kalimat di bawah ini yang menanyakan jumlah yaitu…
A. Bagaimana caramu untuk merawat bunga agar tetap sehat?B. Berapa ekor sapi yang ada di halaman rumahmu?C. Mengapa kamu datang ke perpustakaan?D. Di mana kamu menyimpan koleksi komikmu?
- Menyimpulkan perasaan tokoh cerita.
- Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.
Kunci Jawaban
1. Karena mereka sama-sama ingin bermain boneka.
2. Marah, sedih, menyesal, lega, senang.
3. Mimi masuk ke kamar, berteriak, lalu menangis.
4. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.
Misal: Setuju, karena dia tidak memukul adiknya.
5. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.
Misal: Aku akan minta maaf kepada kakakku.
A. bonekanya dirusak adik
B. menang dalam permainan.
C. mendengar suara kembang api
A. kalah bermain bola
B. mendapat hadiah mainan
C. tangannya terkena batu
3. Kata tanya di bawah ini yang benar adalah ... .
A. Dimana, mengapa, mereka, siapa
B. Saya, berapa, siapa, apa
C. Apa, mengapa, siapa, dimana
4. Kata tanya selalu diakhiri dengan tanda ....
A. (.)
B. (?)
C. (!)
5. Kalimat tanya berguna untuk .... .
A. bertanya
B. berita
C. perintah
0 komentar:
Posting Komentar