Senin, 21 Oktober 2024

SELASA, 22 OKTOBER 2024 ( MATEMATIKA DAN SENI RUPA)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

Hari/tanggal           : Selasa, 22-10-2024

Kelas  : 2 C


Semangat pagi sholih sholiha bu fitka kelas 2 C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang segi banyak dan bukan segi banyak hari ini kita akan mempelajari materi tentang membedakan segi lima dan segi enam.

Pada pembelajaran Seni rupa kita telah mempelajari warna primer dan sekunder hari ini kita akan mempelajari tentang warna tersier.

Matematika

TUJUAN PEMBELAJARAN:

  • Siswa dapat menyebutkan dan membedakan bentuk segi lima dan segi enam.
  • Siswa dapat menghitung jumlah sisi dan sudut pada segi lima dan segi enam.

MEDIA :

  • Gambar berbagai bentuk segi lima dan segi enam 
  • Buku cetak Matematika kelas 2 Mediatama dan Kemendikbud

KEGIATAN PEMBELAJARAN:

1. Pengenalan

  • Guru memperlihatkan gambar-gambar segi lima dan segi enam.
  • Guru bertanya, "Apa yang kalian lihat pada gambar-gambar ini?"
  • Guru menjelaskan bahwa bentuk-bentuk tersebut dinamakan segi lima dan segi enam.

2. Mencari Benda di Sekitar

  • Siswa diminta mencari benda-benda di sekitar kelas yang memiliki bentuk segi lima atau segi enam.
  • Contoh: Pintu kelas, jendela, tutup botol, pensil warna, dll.

3. Menggambar Segi Lima dan Segi Enam

  • Guru memberikan kertas berwarna kepada setiap siswa.
  • Siswa diminta menggambar segi lima dan segi enam sebanyak yang mereka bisa.
  • Guru membimbing siswa dalam menggambar

4. Menghitung Sisi dan Sudut
  • Guru bersama siswa menghitung jumlah sisi dan sudut pada gambar-gambar yang telah dibuat.
  • Guru menjelaskan bahwa segi lima memiliki 5 sisi dan 5 sudut, sedangkan segi enam memiliki 6 sisi dan 6 sudut.

LATIHAN SOAL:

1. Berapa jumlah sisi pada segi enam?
2. Berapa jumlah sudut pada segi lima?
3. Gambarkan sebuah bentuk segitiga !
4. Benda apa saja yang berbentuk segi empat?

SENI RUPA

Elemen : Menciptakan (Making/ Creating)

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengetahui warna tersier

Alur Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik  mengetahui warna tersier

Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok

Media / Alat peraga

Tv, Video dan gambar 

Sumber Belajar

Buku Seni Rupa kelas 2 SD

Perhatikan Video Berikut



ar  Warna tersier merupakan warna tahap ketiga yang merupakan hasil campuran dua warna sekunder. Oleh karena itu, warna tersier mulai kehilangan kromanya sehingga tidak secerah warna primer dan sekunder.


Contoh Warna Tersier
Adapun contoh warna tersier atau warna antara sebagai berikut:

1. Kuning Kehijauan
Warna ini adalah hasil dari pencampuran antara kuning (warna primer) dan hijau (warna primer). Kuning kehijauan memiliki dominasi warna kuning dengan nuansa hijau yang agak kuat. Warna ini sering terlihat pada benda-benda seperti daun dalam suasana cahaya matahari yang terang.

2. Biru Kehijauan
Biru kehijauan adalah hasil dari pencampuran antara biru (warna primer) dan hijau (warna primer). Warna ini lebih mendekati biru dengan sedikit nuansa hijau yang terlihat. Biru kehijauan sering digunakan untuk menggambarkan air yang dalam dan jernih atau langit cerah di dekat pantai.

3. Biru Keunguan
Warna ini muncul ketika biru (warna primer) dicampur dengan ungu (warna sekunder). Biru keunguan memiliki dominasi biru dengan nuansa ungu yang kuat. Warna ini sering digunakan dalam seni dan desain untuk menciptakan efek misterius dan damai.

4. Merah Keunguan
Merah keunguan adalah hasil dari pencampuran merah (warna primer) dan ungu (warna sekunder). Warna ini lebih mendekati merah dengan sedikit nuansa ungu yang terlihat. Merah keunguan dapat memberikan kesan romantis dan dramatis dalam komposisi warna.



Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.🥰

REFLEKSI / RINGKASAN MATERI
Berdasarkan pembelajaran hari ini alhamdulilah kelas 2 c sudah memahami mater tentang membedakan bentuk segi lima dan segi enam.dan menghitung jumlah sisi dan sudut pada segi lima dan segi enam.
sedangkan untuk pembelajaran seni rupa kelas 2 c juga sudah memamhi tentang warna primer ,tersiyer dan sekunder.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template