SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNGGURU KELAS 2 CYUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd
Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c. bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊 Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.Alhamdulillah kita Hari ini kita di pertemukan kembali pada hari Rabu, 23 Oktober 2024. pelajaran Bahasa Indonesia. Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari kalimat fakta, masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan kalimat fakta?Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya. Hari ini kita akan mempelajari kalimat opini agar ananda mengetahui contoh kalimat opini dan dapat menemukan kalimat opini pada teks cerita. BAHASA INDONESIA
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Membaca
BAHASA INDONESIA
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Membaca
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat mengetahui kalimat fakta.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia, internet.
Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Berikut adalah beberapa contoh kalimat fakta: 1. Pak Prabowo adalah Presiden Republik Indonesia.2. Bumi adalah planet yang ditinggali makhluk hidup. 3. Manusia memerlukan makanan untuk hidup. 4. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia. 5. Bola berbentuk bulat.
Setelah mempelajari kalimat fakta, selanjutnya kita akan mempelajari kalimat opini.Kalimat opini adalah kalimat berisi pendapat, pandangan dan anggapan seseorang. Contoh kalimat opini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang diutarakan individu/publik tetapi belum atau tidak ada bukti kebenaran dalam pernyataannya.
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat mengetahui kalimat fakta.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia, internet.
Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengidentifikasi bangun datar sederhana (persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran).
- Siswa dapat menguraikan bangun datar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
- Siswa dapat menyusun kembali bagian-bagian bangun datar menjadi bentuk semula.
B. Materi Pokok
- Pengenalan Bangun Datar:
- Menunjukkan berbagai macam benda di sekitar yang memiliki bentuk bangun datar (misalnya: buku, pintu, roda, atap rumah).
- Menjelaskan ciri-ciri masing-masing bangun datar (sisi, sudut).
- Menguraikan Bangun Datar:
- Menggunakan kertas atau gambar bangun datar untuk dipotong-potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
- Menjelaskan bahwa bangun datar dapat diuraikan menjadi berbagai bentuk yang berbeda-beda.
- Menyusun Kembali Bangun Datar:
- Menyusun kembali potongan-potongan bangun datar menjadi bentuk semula.
- Menjelaskan bahwa bagian-bagian bangun datar dapat disusun kembali menjadi bentuk yang utuh.
C. Kegiatan Pembelajaran
1. Ayo Mencoba
- Kegiatan:
- Guru membagikan kertas berwarna berbentuk persegi, persegi panjang, dan segitiga kepada setiap siswa.
- Siswa diminta untuk menggunting kertas tersebut menjadi beberapa bagian.
- Siswa diminta untuk bercerita tentang bentuk-bentuk potongan yang mereka dapatkan.
- Tujuan: Membantu siswa memahami bahwa bangun datar dapat diuraikan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
SENI RUPA
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengetahui warna tersier
Alur Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mengetahui warna tersier
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Tv, Video dan gambar
Sumber Belajar
Buku Seni Rupa kelas 2 SD
ar Warna tersier merupakan warna tahap ketiga yang merupakan hasil campuran dua warna sekunder. Oleh karena itu, warna tersier mulai kehilangan kromanya sehingga tidak secerah warna primer dan sekunder.
Contoh Warna Tersier
Adapun contoh warna tersier atau warna antara sebagai berikut:
1. Kuning Kehijauan
Warna ini adalah hasil dari pencampuran antara kuning (warna primer) dan hijau (warna primer). Kuning kehijauan memiliki dominasi warna kuning dengan nuansa hijau yang agak kuat. Warna ini sering terlihat pada benda-benda seperti daun dalam suasana cahaya matahari yang terang.
2. Biru Kehijauan
Biru kehijauan adalah hasil dari pencampuran antara biru (warna primer) dan hijau (warna primer). Warna ini lebih mendekati biru dengan sedikit nuansa hijau yang terlihat. Biru kehijauan sering digunakan untuk menggambarkan air yang dalam dan jernih atau langit cerah di dekat pantai.
3. Biru Keunguan
Warna ini muncul ketika biru (warna primer) dicampur dengan ungu (warna sekunder). Biru keunguan memiliki dominasi biru dengan nuansa ungu yang kuat. Warna ini sering digunakan dalam seni dan desain untuk menciptakan efek misterius dan damai.
4. Merah Keunguan
Merah keunguan adalah hasil dari pencampuran merah (warna primer) dan ungu (warna sekunder). Warna ini lebih mendekati merah dengan sedikit nuansa ungu yang terlihat. Merah keunguan dapat memberikan kesan romantis dan dramatis dalam komposisi warna.
0 komentar:
Posting Komentar