Senin, 07 Oktober 2024

SELASA , 08 OKTOBER 2024 ( MATEMATIKA DAN SENI RUPA)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

Hari/tanggal          : Selasa, 08-10-2024

Kelas : 2 C

Semangat pagi sholih sholiha bu guru yuyun dan bu fitka kelas 2 C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Hari ini kita akan melaksnakan sumatif harian matematika yang kedua kemudian akan mengulas soal-soal matematika untuk persiapan Sumatif Tengah Semester Ganjil.

BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan

Aljabar
Capaian Pembelajaran
Peserta didik dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh: Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)

ATP
Peserta didik mampu membaca dan menulis nilai tempat bilangan, membandingkan dan mengurutkan bilangan.

Peserta didik mampu memahami dan menghitung penjumlahan dengan menggunakan bentuk puluhan.
Peserta didik mampu menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam
Peserta didik mampu menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 
Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang 



Soal sumatif harian ke-1 :

1. 52
Angka di atas dibaca…
A. Lima puluh dua
B. Lima ratus dua
C. Lima puluh dua ribu
2. 112 dibaca…
A. Seratus satu dua
B. Seratus dua belas
C. Seratus dua satu
3. Lambang bilangan
Tujuh puluh Sembilan adalah…
A. 97
B. 79
C. 89
4. Manakah lambang bilangan dari Seratus dua puluh lima ?
A. 120
B. 152
C. 125
5. Rudi memiliki bilangan 180 dan 135 di dua kartu. Dia ingin menunjukkan bilangan yang lebih besar dengan menggunakan satu kartu. Bilangan manakah yang harus dia pilih?
A. 135
B. 180
C. 140
6. Nina mempunyai angka 210 dan 290 di dua kertas berbeda. Jika dia harus memilih kertas dengan angka yang lebih kecil, angka manakah yang akan dipilihnya?
A. 210
B. 190
C. 200
7. 123 … 198
Symbol yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah…
A. <
B. =
C. >
8. Sebuah bilangan terdiri dari 3 ratusan, 5 puluhan, dan 8 satuan. Bilangan apakah ini?
A. 358
B. 583
C. 385
9. Dalam angka 582, berapakah nilai tempat dari angka 5?
A. 50
B. 5
C. 500
10. Pada angka 376,  nilai tempat dari angka 7 adalah ?
A. Satuan
B. Puluhan
C. Ratusan

Esay :

1. Ayam kakek ada delapan puluh empat ekor. 
Tuliskan lambang bilangannya !
2. Lisa melihat nomor rumah  142. Jika dia menulis nomor rumah itu dalam kata-kata, bagaimana penulisannya yang benar?
3. 76 = … puluhan + … satuan
4. Pada bilangan 195, angka yang menempati nilai ratusan adalah …
5. Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terbesar:
112, 135, 100, 125 ! 

Rangkuman Materi Karya Seni Rupa Kelas 2 SD

Apa itu Karya 2 Dimensi?

Karya 2 dimensi adalah gambar atau lukisan yang hanya memiliki panjang dan lebar. Coba bayangkan gambar di buku mewarnai atau poster di dinding, itu adalah contoh karya 2 dimensi. Karya ini tidak memiliki ketebalan atau ruang seperti benda-benda di sekitar kita.

Unsur-unsur Karya 2 Dimensi

  • Garis: Garis adalah goresan pensil atau kuas yang membentuk sebuah gambar. Garis bisa lurus, melengkung, tebal, tipis, atau putus-putus.
  • Bidang: Bidang adalah bagian yang dibatasi oleh garis. Bidang bisa berupa bentuk geometris (persegi, lingkaran) atau bentuk bebas (awan, bunga).
  • Warna: Warna membuat gambar menjadi hidup dan menarik. Warna bisa cerah, gelap, atau campuran.
  • Bentuk: Bentuk adalah wujud dari sebuah objek. Bentuk bisa alami (pohon, hewan) atau buatan manusia (rumah, mobil).

Contoh Karya 2 Dimensi

  • Gambar: Gambar bisa dibuat dengan berbagai teknik, seperti menggambar, mewarnai, atau melukis.
  • Lukisan: Lukisan adalah karya seni yang dibuat dengan cat di atas kanvas atau permukaan lainnya.
  • Kolase: Kolase adalah karya seni yang dibuat dengan menempelkan berbagai bahan, seperti kertas, kain, atau biji-bijian.

Kegiatan Menyenangkan dengan Karya 2 Dimensi

  • Mewarnai gambar: Mewarnai gambar adalah cara yang menyenangkan untuk belajar tentang warna dan bentuk.
  • Menggambar benda di sekitar: Ajak anak untuk mengamati benda-benda di sekitarnya dan menggambarnya.
  • Membuat kolase: Sediakan berbagai macam bahan dan ajak anak untuk membuat kolase sesuai imajinasinya.

Apa itu Menggambar? Menggambar adalah kegiatan membuat gambar di atas permukaan, seperti kertas. Kita bisa menggambar apa saja yang kita suka, mulai dari benda-benda di sekitar kita, hewan, tumbuhan, hingga khayalan kita.

Alat-alat Menggambar yang Sering Digunakan:

  • Pensil:
    • Pensil H: Pensil ini menghasilkan garis tipis dan sering digunakan untuk membuat sketsa atau garis bantu.
    • Pensil B: Pensil ini menghasilkan garis tebal dan gelap, cocok untuk mewarnai area yang luas.
  • Pensil warna: Pensil warna memiliki banyak pilihan warna dan mudah digunakan.
  • Krayon: Krayon menghasilkan warna yang cerah dan tebal.
  • Spidol: Spidol memiliki ujung yang runcing atau tebal dan menghasilkan warna yang kuat.
  • Kuas: Kuas digunakan untuk melukis dengan cat air atau cat akrilik.
  • Cat air: Cat air menghasilkan warna yang transparan dan lembut.
  • Cat akrilik: Cat akrilik cepat kering dan menghasilkan warna yang kuat.

Bahan-bahan Menggambar yang Sering Digunakan:

  • Kertas: Kertas gambar, kertas HVS, atau kertas khusus menggambar.
  • Kanvas: Kanvas biasanya digunakan untuk melukis dengan cat akrilik.
  • Karton: Karton lebih tebal dari kertas dan cocok untuk membuat karya yang lebih kokoh.

Apa itu Karya 3 Dimensi?

Karya 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki tiga unsur utama: panjang, lebar, dan tinggi. Berbeda dengan gambar yang hanya datar (2 dimensi), karya 3 dimensi memiliki volume dan bisa dilihat dari berbagai sudut. Contoh karya 3 dimensi yang mudah ditemui adalah patung, bola, kubus, atau bahkan mainan kesukaanmu.

Unsur-unsur Karya 3 Dimensi

  • Bentuk: Bentuk dalam karya 3 dimensi bisa bermacam-macam, seperti bulat, kotak, segitiga, atau bentuk bebas lainnya.
  • Ruang: Karya 3 dimensi menempati ruang, sehingga kita bisa melihatnya dari berbagai sisi.
  • Tekstur: Tekstur adalah permukaan suatu benda. Bisa halus seperti kulit telur, kasar seperti batu bata, atau berbulu seperti boneka.
  • Warna: Warna membuat karya 3 dimensi menjadi lebih menarik dan hidup.

Contoh Karya 3 Dimensi

  • Patung: Patung bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti tanah liat, kayu, atau logam.
  • Kerajinan tangan: Kerajinan tangan seperti boneka, rumah-rumahan, atau mobil-mobilan juga termasuk karya 3 dimensi.
  • Benda-benda di sekitar kita: Buah-buahan, sayuran, atau mainan juga bisa dianggap sebagai karya 3 dimensi karena memiliki bentuk dan volume.

Warna yang Menyenangkan

Apa itu Warna? Warna adalah sesuatu yang membuat dunia kita menjadi indah dan ceria. Warna bisa kita lihat di mana saja, seperti pada langit, bunga, buah-buahan, dan pakaian kita.

Warna Dasar Warna dasar adalah warna yang tidak bisa dibuat dari campuran warna lain. Warna dasar yang utama adalah:

  • Merah: Warna yang hangat dan semangat.
  • Kuning: Warna yang cerah dan ceria.
  • Biru: Warna yang tenang dan menyejukkan.

Warna Campuran Warna campuran adalah warna yang dibuat dengan mencampurkan dua warna dasar atau lebih. Contohnya:

  • Merah + Kuning = Oranye
  • Kuning + Biru = Hijau
  • Merah + Biru = Ungu

Warna Hangat dan Dingin Warna dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu:

  • Warna Hangat: Warna-warna yang memberikan kesan hangat, seperti merah, oranye, dan kuning.
  • Warna Dingin: Warna-warna yang memberikan kesan dingin, seperti biru, hijau, dan ungu.

Memadukan Warna Memadukan warna yang tepat akan membuat gambar atau karya seni kita menjadi lebih menarik. Ada beberapa cara memadukan warna, misalnya:

  • Warna Senada: Memadukan warna yang satu keluarga, misalnya berbagai macam warna biru.
  • Warna Kontras: Memadukan warna yang berlawanan, misalnya merah dan hijau.

Manfaat Mengetahui Warna

  • Membuat gambar lebih menarik: Dengan memilih warna yang tepat, gambar kita akan terlihat lebih hidup.
  • Mengembangkan kreativitas: Mencampur warna dan membuat warna baru akan melatih kreativitas kita.
  • Mengenal lingkungan sekitar: Kita bisa mengamati warna-warna di sekitar kita dan menghubungkannya dengan alam.
Baiklah cukup sekian materi hari ini, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diamalkan semua ilmu yang diberikan aamiin. Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.

Refleksi /Ringkasan Materi
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik kelas 2c telah menyelesaikan pembelajaran materi matematika tentang penjumlahan dan pengurangan serta dapat mengerjakan soal dengan baik.














0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template