SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah,
pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
Apersepsi
Tabik pun......
Jalan-jalan ke pasar pagi,Jangan lupa beli kelapa.Selamat pagi, anak-anak hari ini,Semoga belajar dengan gembira!
sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Alhamdulillah kita Hari ini kita di pertemukan kembali pada hari Kamis 31November 2024. Ibu guru ucapkan terimakasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada pertemuan kemarin 😍
Kemarin anak anak ibu guru sudah sangat luar biasa dapat membuat sebuah kalimat S P O (Sabjek ,Predikat,Objek) 👍💖GOOD JOB Anak anak hebat 👋
Pada membelajaran hari ini, kita akan sama-sama mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia. Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari kalimat S P O (Sabjek ,Predikat,Objek) Subjek biasanya berupa kata benda atau nama orang. Predikat biasanya berupa kata kerja (seperti makan, minum, bermain).Objek biasanya berupa benda atau sesuatu yang menerima tindakan dari predikat. Hari ini kita akan mempelajari kalimat' Tanya' Kalimat tanya adalah kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu.Kalimat tanya biasanya diakhiri dengan tanda tanya (?)
ELEMEN
Menyimak
Membaca
dan memirsa
Berbicara dan Mempresentasikan
BAHASA INDONESIA
Capaian Pembelajaran :
Membaca dan memirsa :
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalnya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang diperiksa Peserta didik mampu memaknai kosakata baru.
Tujuan pembelajaran:
- Melalui membaca cerita, peserta didik dapat menuliskan contoh kalimat tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana dan berapa.
Simaklah bacaan yang akan dibacakan guru.
Aturan 20-20–20
Berapa lama kalian melihat layar gawai
setiap hari?
Terlalu lama menatap layar gawai bisa
membuat mata lelah.
Coba lakukan “Aturan 20–20–20”.
Berhentilah melihat gawai setiap 20 menit.
Carilah sesuatu yang berjarak 20 kaki dari
kalian.
Tatap benda tersebut selama 20 detik.
Dengan begitu, mata kalian bisa beristirahat.
Siapa mau mencoba?
Perhatikan bagian berwarna kuning pada bacaan
“Aturan 20-20-20” di atas.
Kalimat tanya memiliki kata tanya.
Kalimat tanya juga diakhiri dengan tanda tanya.
Berapa
Kata tanya untuk menanyakan banyak/jumlah
Berapa tahun umurmu?
Apa
Kata tanya untuk menanyakan benda/sesuatu
Apa makanan kesukaanmu?
Siapa
Kata tanya untuk menanyakan orang/pelaku
Siapa yang mengantarmu ke sekolah?
Di mana
Kata tanya untuk menanyakan tempat
Di mana kamu tinggal?
Mengapa
Kata tanya untuk menanyakan alasan/sebab
Mengapa adikmu menangis?
Kapan
Kata tanya untuk menanyakan waktu
Kapan kamu akan naik ke kelas tiga?
Bagaimana
Kata tanya untuk menanyakan cara
Bagaimana cara membuat layang-layang?
Bacalah cerita berikut bersama guru.
Kacamata Kadek
Kemarin Kadek memeriksakan
matanya. Kata Dokter, Kadek
harus memakai kacamata.
Kadek tidak mau!
Namun, tulisan di papan tulis
jadi susah dibaca.
Kadek juga jadi sering
tersandung.
Bagaimana ini?
adek terpaksa memakai kacamatanya.
Wah, semua jadi terlihat lebih jelas!
Ternyata Kadek memang
perlu bantuan kacamata.
Vidio Pembelajaran👇
Bunga mawar, bunga melati,Harum semerbak di pagi hari.Belajar giat, gapai mimpi,Agar sukses di masa nanti!
Baiklah demikian materi penjelasan hari ini semoga bermanfaat dan diterapkan ilmunya. Bu guru ucapkan terimakasih dan jangan lupa sholat 5 waktu serta gunakan terus 4 kata ajaib, tolong, maaf, permisi dan terimakasih. Semangat selalu dalam belajar Bu Guru akhiri wasalamualaikum.wr.wb.
REFLEKSI /RINGKSAN MATERI
Berdasarkan pembelajran hari ini kelas 2 c dapat membaca cerita,menyebutkan dan menuliskan contoh kalimat tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana dan berapa.
0 komentar:
Posting Komentar