Hari/tanggal : Senin, 21-10-2024
Kelas : 2 c
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Alhamdulillah pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari kalimat aktif dan pasif, hari ini kita akan mempelajari kalimat fakta agar ananda dapat mengetahui arti dan contoh kalimat fakta dalam teks.
PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
Tujuan : Peserta didik dapat memahami sikap jujur menjawab soal uraian tentang sikap jujur dan penerapannya.
JUJUR
Sikap jujur adalah sikap yang lurus hati, tidak curang, dan menyatakan yang sebenarnya. Jujur juga dapat diartikan sebagai kesesuaian antara ucapan dan perbuatan, kesesuaian antara informasi dan kenyataan, serta ketegasan dan kemantapan hati.
Beberapa ciri-ciri orang yang jujur adalah:
1. Selalu jujur terhadap diri sendiri
2. Mudah mengungkapkan kenyataan
3. Selalu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang
4. Selalu berpikir sebelum berkata dan bertindak
Jujur dapat melahirkan kepercayaan antara satu orang dan lainnya. Sikap jujur juga menjauhkan rasa curiga hingga kekhawatiran akan rusaknya sebuah kepercayaan yang dibangun
Latihan soal :
1. Salah satu sikap dalam anti korupsi adalah jujur. Jujur merupakan sikap yang …
2. Berkata tidak sesuai dengan kenyataan dinamakan…
3. Sikap jujur sebaiknya diterapkan di …
4. Perhatikan gambar berikut !
Dari gambar di atas, jika Andi anak yang jujur, sikap yang sebaiknya dilakukan Andi adalah…
5. Roni membeli permen di kantin. Ternyata kembalian yang diterima lebih seribu rupiah. Sikap Roni sebaiknya …
BAHASA INDONESIA
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Membaca
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia
Kalimat fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atausedang terjadi, dan dapat dibuktikan kebenarannya.Ciri-ciri kalimat fakta, yaitu: 1. Memiliki data yang akurat, seperti tanggal, tempat, dan waktu kejadian2. Memiliki narasumber yang dapat dipercaya3. Bersifat objektifBerikut adalah beberapa contoh kalimat fakta: Indonesia adalah negara kepulauan. Indonesia terletak di benua Asia. Jakarta adalah ibu kota Indonesia. Bumi adalah planet yang ditinggali makhluk hidup. Manusia memerlukan makanan untuk hidup. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Bola berbentuk bulat. Indonesia pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang. Dalam satu hari terdapat 24 jam.Air mendidih pada suhu 100 derajat Celsius. LATIHAN SOALBacalah kembali cerita Noken Kebanggaan Kami, lalu mencari satu kalimat fakta pada cerita tersebut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Membaca
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia
CP
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TP
Membaca
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
Ingat kembali awalan “di-” yang telah kita pelajari pada bab sebelumnya.
Kata kerja yang diberi awalan “di-” disebut kata kerja pasif dan digunakan untuk membentuk kalimat pasif.
Kata kerja yang biasanya diberi awalan “me-” disebut kata kerja aktif dan digunakan untuk membentuk kalimat aktif.
0 komentar:
Posting Komentar