Rabu, 09 Oktober 2024

10 OKTOBER 2004 ( P 5 DAN PENDIDIKAN PANCASILA)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd
MAPEL                          : P5 dan PENDIDIKAN PANCASILA

Alat Peraga/ Media       : Video/ Gambar

Metode                           : DEMONTRASI dan PERMAINAN

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha Bu Guru, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Apersepsi : Pada KEGIATAN P5 minggu lalu ananda sudah dibagi kelompok sesui minat dan bakat nya yaitu paduan suara dan seni tari.jadi hari ini kita akan memulai pemantapan latihan proyek P5.
Sedangan pembelajaran 
AKTIFITAS 7

Merancang Konsep Penampilan (Berlatih)

Kegiatan Awal

1.      Menyiapkan bahan untuk latihan

2.      Pemantauan kegiatan latihan

 Kegiatan Inti

1.      Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2.      Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3.      Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

Kegiatan Awal

1.      Menyiapkan bahan untuk latihan

2.      Pemantauan kegiatan latihan

 

Kegiatan Inti

1.      Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2.      Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3.      Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

 

  • Memahami Lagu:
    • Makna lagu
    • Latar belakang budaya
    • Struktur lagu (melodi, harmoni, ritme)
  • Teknik Vokal:
    • Pemanasan suara
    • Artikulasi (pelafalan)
    • Kontrol napas
    • Jangkauan nada
    • Dinamika (keras-lembut)
  • Ekspresi Diri:
    • Mimik wajah
    • Gerakan tubuh
    • Penjiwaan lagu          
  • Memahami Lagu: Sebelum bernyanyi, penting untuk memahami makna lagu agar dapat menyampaikan pesan dengan baik. Pelajari latar belakang budaya lagu untuk menambah kedalaman interpretasi.
  • Teknik Vokal: Latihan vokal yang baik akan menghasilkan suara yang merdu dan jelas. Fokus pada pemanasan suara untuk menghindari cedera, serta latih artikulasi, kontrol napas, dan jangkauan nada.
  • Ekspresi Diri: Ekspresi diri akan membuat penampilan lebih hidup dan menarik. Latih mimik wajah, gerakan tubuh, dan penjiwaan lagu agar pesan lagu dapat tersampaikan dengan efektif.

Tahapan Latihan:

  1. Mempelajari Lagu: Dengarkan lagu berulang kali, cari tahu makna lirik, dan hafalkan.
  2. Latihan Vokal: Lakukan pemanasan suara secara teratur, latih artikulasi dan kontrol napas.
  3. Latihan Ekspresi: Berlatih di depan cermin, perhatikan mimik wajah dan gerakan tubuh.

Catatan: Peta konsep ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis lagu yang akan dibawakan. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi poin-poin sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Pertanyaan untuk Spesifikasi Lebih Lanjut:

  • Jenis lagu Lampung apa yang ingin Anda bawakan? 
  • lagu daerah lampung yg berjudul cangget agung
  • Apakah Anda memiliki kesulitan tertentu dalam bernyanyi?
  • Ketika peserta didik malas menghafal lagu tersebut.
  • Apa tujuan penampilan Anda?
  •  ( Pertunjukan P5)


Dengan informasi yang lebih spesifik, saya dapat memberikan panduan yang lebih relevan dan membantu Anda mencapai penampilan yang maksimal.

SUMATIF HARIAN 2

PENDIDIKAN PANCASILA

Nama   :

Kelas   :

 

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan benar!

1. Simbol bintang pada lambang Pancasila melambangkan sila pertama. Apa yang bisa kita lakukan untuk menerapkan sila pertama di sekolah?
a. Selalu membantu teman dalam belajar
b. Berdoa sebelum memulai pelajaran
c. Menghormati perbedaan pendapat di kelas

 

2. Saat ada perbedaan pendapat di kelas, kita bisa belajar dari simbol kepala banteng. Apa yang sebaiknya kita lakukan ketika ada teman yang berbeda pendapat dengan kita?
a. Berdiskusi dan mencari solusi bersama
b. Membiarkan teman memilih sendiri
c. Menolak pendapat teman

 

3. Sila pertama dan simbol bintangnya mengajarkan kita tentang pentingnya memiliki keyakinan. Bagaimana cara kita menghormati teman yang beragama berbeda di sekolah?
a. Memaksa teman ikut beribadah bersama kita
b. Hanya berteman dengan teman yang seagama

c. Menghargai cara ibadah teman yang berbeda

 

4. Ketika kita bermain di taman bersama teman-teman, kita harus saling berbagi mainan. Hal ini mencerminkan nilai Pancasila sila ke...

a.  

b


c. 

 

 

5. Saat bermain sepak bola, kita harus menghormati keputusan wasit. Sikap ini sesuai dengan sila Pancasila ke...

a. Pertama
b. Keempat
c. Kelima

 

6. Di rumah, kamu dan keluargamu selalu makan bersama dengan tertib dan rukun. Ini adalah contoh pengamalan sila Pancasila ke...

a. Ketiga
b. Keempat
c. Kelima

 

7. Saat kalian berjanji untuk datang tepat waktu ke sekolah, apa yang harus kamu lakukan?

a. Mengabaikan janji
b. Menepati janji dengan datang tepat waktu
c. Datang terlambat karena tidak peduli

 

8. Perhatikan gambar di bawah ini



Jika kamu diberi tugas oleh guru untuk membersihkan kelas, tindakan yang mencerminkan tanggung jawab adalah?
a. Meninggalkan tugas kepada teman
b. Melakukan tugas bersama-sama dengan baik
c. Bermain dan melupakan tugas

9. Siapakah tokoh yang merumuskan Pancasila?
a. Muh. Yamin
b. Mohammad Hatta
c. Ki Hajar Dewantara

10. Para tokoh perumus Pancasila seperti Soekarno, Mohammad Yamin, dan Dr. Soepomo bekerja keras menyusun dasar negara. Apa sikap kita sebagai generasi penerus bangsa terhadap usaha mereka?
a. Bermalas-malasan karena mereka sudah berjuang
b. Melanjutkan perjuangan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila
c. Tidak peduli karena sudah selesai

Isian Singkat
1.      Perhatikan gambar berikut


 

Gambar diatas melambangkan sila kelima, yaitu "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia." Apa makna padi dan kapas dalam kehidupan sehari-hari? Sandang dan pangan ( kemakmuran)

2.      Ketika pembelajaran di kelas, bu guru meminta anak-anak untuk memberikan pendapat dalam diskusi kelompok. Hal ini mencerminkan nilai Pancasila sila ke..4 (musyawarah).

3.      Pancasila mengajarkan kita untuk saling tolong-menolong. Contoh tindakan yang menunjukkan sikap tersebut adalah…2
4.      Perhatikan gambar berikut



Gambar di atas merupakan kegiatan bakti sosial untuk membantu warga yang kurang mampu. Apa yang akan kamu lakukan agar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila? Bersedekah atau berbagi dengan org yang membutuhkan)

5. Sebutkan tokoh-tokoh perumus Pancasila…SUEKARNO,SUEPOMO,M.YAMIN)

Baiklah cukup sekian materi hari ini, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diamalkan semua ilmu yang diberikan aamiin. Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.


Berdasarkan  kegiatan P 5 hari ini berjalan dengan lancar dan peserta didik pada antusias saat berlatih sedangkan pembelajran pendidikan pancasila peserta didik sudah bisa menjawab soal soal latihan dengan benar.













0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template