Jumat, 24 Februari 2023

JUMAT, 24 FEBRUARI 2023 (TEMATIK )

       


SD Al AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TEMATIK IV C
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH, S.Pd

Tujuan pembelajaran : 
  • Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri gerak tari dari Bali dan Sumatera
  • Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan kegemaran teman di kelas
  • Peserta didik dapat menyebutkan tokoh protagonis dan antagonis dal;am teks fiksi
A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 8 subtema 2 pembelajaran 5.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

👉  SBdP  (KD 3.3 dan 4.3)

Ciri-Ciri Gerak Tarian dari Bali dan Sumatera

Setiap masakan daerah memiliki ciri khas. Tarian dari daerah Bali memiliki gerakan yang dinamis. Tarian ini menggerakkan seluruh anggota tubuh. Salah satu contoh tari dari daerah Bali, yaitu Legong dan Pendet.

 

Tarian dari daerah Sumatera memiliki gerakan yang cepat dan lincah. Tarian ini umumnya lebih menekan gerakan-gerakan kaki atau tangan. Contoh tarian Sumatera, yaitu tari Saman dan tari Piring.


👉  PPKn  (KD 3.3 dan 4.3) 
Keanekaragaman Kegemaran Teman Sekelas

Selain keragaman fisik, sifat, dan asal daerah, ada juga keragaman kegemaran. 
Kegemaran antara satu teman dengan teman lainnya biasanya berbeda, tetapi ada juga yang sama. Meskipun memiliki kegemaran yang berbeda, kita harus tetap saling menghargai dan menghormati.

👉  Bahasa Indonesia  (KD 3.9 dan 4.9)

Tokoh Protagonis dan Antagonis dalam Teks Fiksi

Setiap cerita memiliki alur, latar, dan tokoh yang berbeda-beda. Hal ketiga tersebut membuat cerita menjadi enak dibaca. Alur cerita memengaruhi panjang pendeknya sebuah cerita. Latar menggambarkan lokasi dan waktu cerita tersebut. Sementara itu, kamu juga dapat mengetahui sifat para tokoh melalui kalimat-kalimat dalam cerita tersebut.

Selain cerita fiksi, cerita rakyat juga memiliki tokoh. Cerita rakyat biasa disebut legenda. Tokoh dalam cerita rakyat terdiri dari tokoh antagonis dan tokoh protagonis. Kamu dapat mengetahui nama dan sifat para tokoh setelah membaca cerita dengan saksama.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya.

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template