Senin, 20 Februari 2023

SENIN , 20 FEBRUARI 2023 ( TEMATIK )

                 

                                  


                                                      SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

TEMATIK KELAS 4 C
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd

TEMA 8. Daerah Tempat Tinggalku 
SUBTEMA 1.Lingkungan Tempat Tinggalku PB 5 dan 6
Muatan Pembelajaran :  BI 3.9 dan 4.9 PPKn 3.3 dan 4.3 SBdP  3.2 dan  4.2
Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan kegiatan mengamati peta Indonesia, peserta didik mengetahui letak dan keadaan daerah tempat tinggalnya 
  2. Dengan kegiatan mengidentifikasi gambar anggota keluarga, peserta didik mengetahui keberagaman karakteristik individu berdasarkan gambar.
  3. Dengan kegiatan mengidentifikasi cerita rakyat, siswa mampu menyampaikan hasil identifikasi jenis cerita fiksi yang dibaca dan tokoh- tokoh dalam cerita fiksi.
  4. Dengan kegiatan menyanyikan lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
  5. Dengan kegiatan mengidentifikasi lagu, siswa dapat mengetahui tempo dan tinggi rendah nada lagu.
A. Apersepsi (10 menit)


Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 8 subtema 1 pembelajaran  5 dan 6^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)
 

Keluarga besar Beni berasal dari Medan, Sumatra Utara. Namun, Ayah dan Ibu Beni merantau dan menetap di Jakarta. Ada juga paman Beni yang merantau ke Jambi. Paman Beni bernama Tagor.  Tahukah kamu Pulau Sumatra? 






Beni dan keluarga mengunjungi Paman Tagor. Paman Tagor tinggal di Jambi. Rumah Paman Tagor di lingkungan perkotaan. Meskipun di kota, lingkungan rumah Paman Tagor bersih dan asri.  Masih banyak pohon di lingkungan tempat tinggal Paman Tagor. 

Paman Tagor tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Anak paman Tagor bernama Gultom dan Puspa. 

Amatilah gambar di atas.   identifikasilah keragaman karakteristik individu pada gambar di atas.   Coba sebutkan  3 karakteristik fisik dari kedua keluarga tersebut! Coba sebutkan dan tulis di kolom komentar bloggernya !!

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang keragaman karakteristik individu. Kamu telah mempelajari karakteristik individu yang berupa keragaman fisik dan keragaman kegemaran di lingkungan keluarga. Sekarang, mari kita pelajari keragaman sifat individu? Apa saja sifat individu yang telah kamu ketahui? contoh sifat individu seperti : Rajin, pemalas, penyayang, penolong, ramah, baik, kasar, jujur dll. itulah  beberapa contoh sifat individu. 

Mari amatilah gambar-gambar berikut dan kerjakan Tugas beriku!!

Amatilah gambar berikut. Identifikasilah keragaman sifat individu berdasarkan gambar berikut. Tuliskan jawabanmu di bawah gambar.


Mari membaca, silahkan anak- anak buka buku temanya halaman 44 "Kisah Putri Tangguk" 


Dalam  cerita terdapat tokoh yang memiliki sifat baik hati dan sifat jahat. 
Tokoh protagonis : tokoh yang memiliki sifat baik hati.
Tokoh antagonis :  tokoh yang memiliki sifat jahat.


Lani merupakan keturunan Tionghoa. Lani dan keluarganya tinggal di Jakarta. Sebagai ibukota negara, tentu lingkungan tempat tinggal Lani padat penduduknya. Sebagian besar warga yang tinggal di Jakarta berasal dari berbagai pulau di Indonesia. Mereka bekerja dan menetap di Jakarta. Selain penduduknya yang padat, di lingkungan tempat tinggal Lani juga terdapat gedung-gedung bertingkat. Gedung-gedung itu merupakan pusat pemerintahan dan pusat kegiatan penduduk, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, maupun budaya. 
 
Saat membaca di perpustakaan rumah, Gultom dan Puspa bercerita kepada Beni. Mereka menceritakan tentang kebiasaan ayah mereka. Paman Tagor dulu suka menggendong Gultom dan Puspa sambil menyanyikan lagu. Lagu yang dinyanyikan Paman Tagor berjudul ”Injit-Injit Semut”. Lagu tersebut merupakan lagu dari Jambi. Tahukah kalian tentang lagu tersebut? Ayo, nyanyikan bersamasama.


Silahkan Klik dan Dengarkan lagu injit-injit semut di bawah ini! 


Bernyanyi dengan baik membutuhkan teknik seperti  intonasi dan tempo. Intonasi merupakan cara bernyayi mencapai ketepatan bunyi tiap nada. Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara yang tidak sumbang dan enak didengar. Untuk mendapatkan intonasi yang baik kamu dapat menyanyikan nada-nada berikut secara berulang tanpa mengandalkan otot-otot leher dan berteriak. Nada-nada tersebut dapat dinyanyikan dengan tempo lambat, sedang, dan cepat.


Kecepatan lagu diukur dengan alat pengukur yang disebut Metronome Maelzel atau disingkat MM. Metronome Maelzel ini akan memberikan petunjuk seberapa cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan.  Sebagai contoh lagu  ”Timang-Timang Anakku Sayang” ditulis dengan tempo andante. Kecepatan tempo  andante 72-76  MM, artinya lagu harus dinyanyikan dalam kecepatan 72-76 ketukan yang tetap dalam waktu satu menit. MM 72-76 termasuk tempo sedang. 
Tempo lagu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
a. tempo lambat, contoh lento = lambat (56-58 MM) ;
b. tempo sedang, contoh andante = seperti orang berjalan (72-76 MM);
c. tempo cepat, contoh allegro = cepat, hidup, dan riang (132-138 MM)

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya.




0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template