Selasa, 30 Juli 2024

SELASA ,30 JULI 2024

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd

Elemen CP :

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengetahui susunan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.

Alur Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu mengetahui susunan bilangan 3 angka.

Peserta didik mampu memahami cara merepresentasikan bilangan melalui menuliskan lambang bilangan dengan angka 0 pada nilai tempat puluhan atau satuan.

Materi Pembelajaran :

Nilai tempat bilangan

Pada bilangan 235, angka 2 menempati nilai ratusan, angka 3 menempati nilai puluhan dan angka 5 menempati nilai puluhan.

Jadi bisa ditulis menjadi 200+30+5 = 235.

Lalu bagaimana jika nilai tempat satuan kosong, seperti gambar di bawah ini ?

Nilai tempat ratusan diisi sebanyak 200 buah kubus satuan, nilai tempat puluhan diisi sebanyak 30 buah, sementara nilai tempat satuan kosong. Jika seperti ini maka nilai tempat satuan diisi dengan 0.

Jadi, 200 + 30 + 0 = 230

dua ratus tiga puluh.

Begitu juga jika nilai tempat puluhan kosong dapat diisi seperti berikut:

200+0+5 = 205.

dua ratus lima.

Elemen : Mengalami (Experiencing)

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman

atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman

atas dua unsur rupa.

Alur Tujuan Pembeelajaran : 

1.     Peserta didik mengetahui pengertian seni rupa.

 

MATERI PEMBELAJARAN

Pengertian Seni Rupa

     Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Corak seni rupa diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan tujuan estetika.
Seni rupa ini menjadi karya yang selalu menonjolkan nilai-nilai estetika atau keindahan. Seni rupa berfungsi sebagai medium untuk memperindah suatu objek atau tempat.

      Unsur-Unsur Seni Rupa

      Seni rupa terdiri dari lima unsur, yaitu:

1. Garis
Garis adalah unsur seni rupa yang paling mendasar. Perwujudan seni rupa awalnya diawali dengan coretan garis.

Garis memiliki 2 dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus, seperti pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak dan seterusnya.

2. Raut
Raut merupakan tampak dari potongan atau bentuk dari suatu objek. Raut dapat terbentuk dari garis yang mencakup ukuran luas tertentu yang membentuk bidang.

Raut juga dapat berarti perwujudan sebuah objek atau bidang. Bidang dapat berupa bangun beraturan seperti lingkaran, segi empat segi tiga atau tidak beraturan. Selain berupa bangun, benda juga memiliki bentuk plastis.

3. Ruang
Ruang menunjukkan dimensi dari karya seni rupa tersebut. Ruang pada karya seni rupa berbentuk tiga dimensi sebab adanya volume yang memberikan kesan yang mendalam.

4. Tekstur
Unsur tekstur atau barik adalah kualitas taktil dari suatu permukaan. Taktil artinya dapat diraba atau yang berkaitan dengan indra peraba.

5. Warna
Warna adalah unsur yang menimbulkan jesan akibat pantulan cahaya yang mengenai permukaan suatu benda. Dalam karya seni rupa, warna dapat berwujud seperti garis, bidang, ruang, dan nada gelap terang.


Jenis Seni Rupa


1. Seni Rupa Dua Dimensi
Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Contohnya yaitu gambar, lukisan, foto,  dan lainnya.


2. Seni Rupa Tiga Dimensi
Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran, terdiri atas panjang, lebar, dan ruang atau volume. Misalnya, patung, pajangan, dan lainnya


      Untuk menambah pemahaman mari kita simak video berikut :














 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template