Senin, 02 September 2024

SELASA , 3 SEPTEMBER 2024 ( MATEMATIKA DAN SENI RUPA)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG 
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd
Matematika 

BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan

ATP
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam 
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 
TP
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan hingga 100 

Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara bersusun pendek 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara tanpa meminjam 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara meminjam 

Setelah mempelajari penjumlahan, selanjutnya kita akan mempelajari pengurangan.
Pengurangan bilangan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pada gambar berikut ini :



Video Pembelajaran :



Latihan :

SENI RUPA


Elemen : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Alur Tujuan Pembeelajaran :
Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitar Peserta didik dapat membedakan antara benda alam dan benda buatan


Benda Alam dan Benda Buatan


1. Benda Alam:
Definisi: Benda yang ada di alam dan terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.

Contoh: Batu, pohon, bunga, daun, sungai, dan tanah.


2. Benda Buatan:
Definisi: Benda yang dibuat atau diubah oleh manusia dengan menggunakan bahan-bahan dari alam atau teknologi.

Contoh: 
Meja, kursi, mobil, buku, dan mainan.


Kerjakanlah latihan berikut !


Berikut merupakan pembahasan soal di atas ya Nak!
REFLEKSI /RIMGKASAN MATERI

 Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini, diketahui bahwa seluruh peserta didik kelas 2 CUntuk pelajaran matematika, beberapa peserta didik masih kesulitan dalam mengerjakan soal pengurangan dengan cara meminjam. Oleh karena itu pada pertemuan berikutnya guru akan memberikan kembali penjelasan dan contoh soal.










0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template