Selasa, 03 September 2024

RABU , 4 SEPTEMBER 2024( MATEMATIKA, SENI RUPA,BAHASA INDONESIA)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd
HARI/TANGGAL  : RABU, 4 SEPTEMBER 2024
KELAS                   : 2 C
MAPEL                  : MTK ,SENINRUPA,BAHASA INDONESIA

Matematika 

BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan

ATP
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam 
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 
TP
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan hingga 100 

Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara bersusun pendek 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara tanpa meminjam 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara meminjam 

Setelah mempelajari penjumlahan, selanjutnya kita akan mempelajari pengurangan.
Pengurangan bilangan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pada gambar berikut ini :



Video Pembelajaran :



Latihan :



SENI RUPA


Elemen : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Alur Tujuan Pembeelajaran :
Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitar Peserta didik dapat membedakan antara benda alam dan benda buatan


Benda Alam dan Benda Buatan


1. Benda Alam:
Definisi: Benda yang ada di alam dan terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.

Contoh: Batu, pohon, bunga, daun, sungai, dan tanah.


2. Benda Buatan:
Definisi: Benda yang dibuat atau diubah oleh manusia dengan menggunakan bahan-bahan dari alam atau teknologi.

Contoh: 
Meja, kursi, mobil, buku, dan mainan.


Kerjakanlah latihan berikut !


Berikut merupakan pembahasan soal di atas ya Nak!

BAHASA INDONESIA

Capaian Pembelajaran :

Mengamati

Menemukenali informasi dalam sebuah grafik.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat menemukenali informasi melalui mengamati grafik dengan tepat.

Mengenal Grafik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), grafik adalah penyajian informasi dalam bentuk gambar, bukan dalam bentuk teks. Grafik dapat digunakan dalam beberapa hal, termasuk juga penelitian. Dalam konteks penelitian, bisa menjadi alat untuk menggambarkan ataupun menganalisis data.

Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa ada 2 anak menyukai olahraga berlari, 4 anak menyukai bulu tangkis, 5 anak menyukai bersepeda, 4 anak menyukai berenang dan 2 anak menyukai senam.
Garis yang mendatar menunjukkan olahraga kesukaan, sedangkan angka yg di sebelah kiri menunjukkan jumlah anak yang menyukai olahraga tersebut.
Hal ini dapat diketahui dengan cara membaca garis berwarna biru. Dimana garis tersebut berada, lihatlah bagian sebelah kiri grafik tempat angka yang sejajar dengan tinggi garis berwarna biru.


Latihan :



Sudahkah kalian membaca buku hari ini?
Mintalah orang tua kalian mengunduh buku berjudul
Ayo, Berlatih Silat!
Buku tersebut bercerita tentang anak bernama Salman.
Salman mengunjungi sepupunya di tepi Danau Maninjau, Sumatra Barat.
Apa saja yang ia lakukan di sana?
Bacalah sendiri buku tersebut.
Bila mengalami kesulitan, mintalah bantuan orang tua.
Kemudian, salinlah jurnal berikut di buku tulis kalian.
Jurnal Membaca
Judul Buku: ............................................
Nama Penulis: ........................................
Nama Ilustrator: ...................................
Kejadian apa yang paling kalian sukai dari buku ini?
................................................................................................
Mengapa kalian menyukainya?
................................................................................................
Dapatkah kalian menyebutkan olahraga tradisional lain  
 
dari Indonesia?
 ...............................................................................................
Beri bintang untuk buku ini: 








Asyik! Bab 2 sudah selesai.
Apa saja yang sudah kalian pelajari? Salinlah tabel berikut di 
buku tulis kalian. Kemudian isi dengan tanda centang, ya. 

REPLEKSI / KESIMPULAN
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, peserta didik kelas 2c telah mampu membuat grafik tentang buah kesukaan dan untuk materi benda alam benda buatan beberapa peserta didik masih sering tertukar membedakan contoh benda alam dan buatan. Oleh karena itu pada pertemuan berikutnya, guru akan mengingatkan kembali contoh benda alam dan buatan.
untuk pembelajarn matematika juga masih banyak belum memahami tentang pengurangan dan guru akan mengulang pembelajaran tersebut akan peserta didik paham.







0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template