Selasa, 20 Mei 2025

RABU, 21 MEI 2025 ( Seni Rupa dan bahasa Indonesia)

 



Hari/tanggal : Rabu  , 21-05-2025

Kelas : 2 c

Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.

Element: 
Mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam karya membentuk dan memotong

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik mengenali konsep karya seni tiga dimensi 
Peserta didik menyebutkan alat dan bahan karya seni rupa 3 dimensi 
Peserta didik menjelaskan pembuatan karya seni tiga dimensi .

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengekspresikan pengalaman estetis dalam membentuk karya seni tiga dimensi 

Menciptakan karya seni tiga dimensi 

Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning

Materi:

Simak video pembelajaran di bawah iniπŸ‘‡


Mengenal karya seni tiga dimensi 

A. Mengenal karya seni tiga dimensi 

Seni rupa 3 dimensi contohnya patung 

Patung dapat kamu jumpai di sekitarmu 

Patung dapat dilihat dari berbagai arah 

Dari depan belakang dan samping 

Bentuk patung ada bermacam-macam ada patung manusia hewan pohon dan benda lain 


B. Alat dan bahan karya seni tiga dimensi 

Bagaimana cara membuat karya 3 dimensi? 

Ada alat dan bahan yang diperlukan misalnya alat pahat 

Alat pahat digunakan untuk memahat kayu 





Butsir 

Butsir digunakan untuk mengolah tanah liat 

Alat disesuaikan dengan bahan pembuatan karya menggunakan alat dan bahan perlu hati-hati. 






C. Membuat karya seni tiga dimensi 

Kamu dapat membuat karya dari berbagai bahan termasuk karya seni tiga dimensi kamu dapat memakai bahan yang ada di sekitar salah satunya memakai bahan plastisin 

Salah satunya memakai bahan plastisin tekstur plastisin seperti tanah liat selain aman plastisin mudah dibentuk warna plastisin juga beragam








BAHASA INDONESIA

Elemen

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui makna dari kosakata melalui membaca brosur.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.

Media / Alat peraga

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran πŸ‘‡



Brosur adalah selebaran atau pamflet yang berisi informasi atau promosi.
Bacalah brosur berikut ini !


Matematika
Elemen

Analisis Data dan Peluang

Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.

Media / Alat peraga

Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran πŸ‘‡

Pengertian Piktogram

Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori. 

Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data. 

Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek. 

Perhatikan contoh berikut ini!

Siswa kelas 2 membawa buah-buahan untuk acara makan bersama. Ada 7 buah pisang, 4 buah apel, dan 6 buah jeruk. Buatlah sebuah piktogram dari cerita ini !

Dari uraian tersebut kita dapat membuat piktogram sederhana.

Mula-mulai buatlah sebuah tabel dengan 2 kolom, kolom pertama diberi judul Nama Buah sedangkan kolom kedua diberi judul Banyak Buah. 

Seperti ini hasilnya.

Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum

Refleksi/ Ringkasan materi:

Berdasrkan pembelajaran hari ini di klelas 2 c materi matematika Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar. sedangkan materi seni rupa peserta didik dapat Mengekspresikan pengalaman estetis dalam membentuk karya seni tiga dimensi dan bahasa indonesia peserta didik melaksanakan sumatif harian dengan baik dan lancar.











0 komentar:

Posting Komentar

Rabu ,4 Juni 2925

 

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template