Rabu, 25 Oktober 2023

RABU , 25 OKTOBER 2023 (TEMATIK)

 

SD Al AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH, S.Pd
Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 3 (PERUBAHAN WUJUD BENDA)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal : Rabu ,25 Oktober 2023

Tema/ Sub Tema : 3/3

Pembelajaran         : 3

Tujuan Pembelajaran :

Tujuan Pembelajaran :

1   Dengan memasangkan kata dengan arti yang tepat, siswa dapat memahami kata/istilah khusus yang berikat dengan materi dengan tepat.
2    Dengan membuat karya dekoratif, siswa dapat menggunakan garis dan campuran warna dengan bervariasi.
3      Dengan berlatih soal mengubah satuan kilogram ke gram, siswa dapat mengenal konversi satuan berat baku dengan satuan berat lainnya dengan tepat.

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari perubahan wujud benda mencair dan membeku. Dimana mencair adalah proses perubahan wujud benda padat menjadi cair. Sedangkan membeku proses perubahan wujud benda cair menjadi benda padat. Nah tahukah kamu mengapa ketika kita menjemur pakaian basah di sinar matahari baju yang basah menjadi kering?? Mari kita pelajari selanjutnya!

Ayo Mengamati

Ke Mana Perginya Air?

Pernahkah kamu mencuci baju? Atau membantu ibu cuci baju. Coba perhatikan apa yang terjadi saat baju basah dijemur di bawah terik matahari. Ternyata, baju yang basah lama-kelamaan mengering. Mengapa hal ini dapat terjadi?

 

Menguap merupakan peristiwa perubahan wujud. Wujud dari cair menjadi gas. Peristiwa ini disebabkan oleh pemanasan. Contoh peristiwa menguap adalah baju basah yang dijemur lama kelamaan mengering. Air dalam baju menguap karena terkena panas matahari.

Matahari membantu proses penguapan yang terjadi di muka bumi .Jika tidak dengan bantuan sinar matahari, baju yang dijemur sulit mengering matahari mempunyai peran yang penting bagi kehidupan manusia di bumi. 

Keindahan matahari mengilhami seniman untuk membuat gambar dekorasi. Gambar dekorasi yang bertema matahari. Ada beberapa motif matahari di sekitar kita lihatlah motif di bawah ini:

Dayu sedang pergi ke pasar tradisional. Dayu akan membeli ikan.



Berikut penjelasan lebih lanjutnya dapat di simak pada video berikut ini:

Latihan soal

1.        Hubungkan kata yang tersedia sesuai dengan arti yang tepat!

2.      Siapkan kertas gambar. Gambarlah matahari dengan rancangan garis-garis. Kamu dapat mencontoh pada pembelajaran sebelumnya. Buatlah komposisi warna yang indah pada karyamu!

3.        Hitunglah dalam satuan gram!


0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template