Senin, 02 Oktober 2023

SENIN , 2 OKTOBER 2023 (TEMATIK)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMOUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITARKU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Tema/ Sub Tema  : 3/1

Pembelajaran         : 4

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 4 

Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan membaca wacana, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang benda yang terbuat dari plastik dengan benar.

2.     Dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar, siswa dapat menggambarkan kondisi sampah plastik dalam bentuk tulisan dengan tepat.

3.   Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat

4.    Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

Ayo Membaca

Kalian sudah mengetahui bermacam – macam benda yang terbuat dari kertas dan kayu, namun tidak semua benda terbuat dari kertas dan kayu. Ada juga benda yang terbuat dari plastik, mari kita pelajari bersama – sama.



Plastik: Solusi dan Masalah

Perhatikan benda-benda yang ada di rumah mu!

Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik.

Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kemasan dan botol air minum juga terbuat dari plastik.

Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk  dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.

 

Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

 

Jadi, kamu dapat membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong  plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang.

Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.  

Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga. Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik.

Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi. Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampaplastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada  pemulung atau petugas kebersihan.  Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah.

Gunakan plastik dengan bijak agar bumi selamat!

Lambang Reduce, Reuse

 

 

Ayo membaca

 

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayau ,kertas, dan pelastik . Perhatikan benda yang ada di rumahmu . Benda yang kamu gunakan sehar hari . Adakah benda yang bukan berasal dari kayu ,kertas,atau pelastik? 

Bacalah informasi berikut ini 

 

Benda dari kaca

                       


 

Adakah benda benda yang dibuat dari kaca . Benda tersebut ,antara lain piring,mangkuk ,kaca mata , akuarium jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifst kedap air dan tembus cahaya . Oleh karena itu,kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

   

Benda dari logam 



Coba amati benda yang ada di rumahmu ! Adakah benda yang dibuat dari logam ?Benda benda tersebut , antara lain panci ,penggorengan ,sendok sayur,sendok makan ,kerangka mobil ,dan pagar rumah

 

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

RINGKASAN MATERI

BAHASA INDONESIA KD 3.1

Kata-kata penting dari sebuah teks tentang benda di sekitar, ada yang belum kita ketahui artinya. 

Kata-kata itu dapat kita cari artinya dengan menggunakan kamus. 

Setelah kita tahu artinya, kita dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata tersebut. 

PPKN KD 3.1

Manfaat Bermusyawarah

1.Melatih kita untuk berani menyatakan pendapat. 

2.Menyelesaikan masalah yang ada dengan baik. 

3.Mengambil keputusan yang adil dan bijaksana. 

4.Menciptakan rasa kebersamaan dan tanggung jawab.
 
5.Menghargai pendapat orang lain. 

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template