Selasa, 03 Oktober 2023

SELASA ,3 OKTOBER 2023 ( TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMOUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITARKU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

 Hari/Tanggal      : Selasa ,3 Oktober 2023

Tema/ Sub Tema : 3/1

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 5

1. Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat

2. Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

3. Dengan melakukan konvensi satuan panjang, siswa dapat mengenal konvensi satuan panjang.

Ayo membaca

 Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayau ,kertas, dan pelastik . Perhatikan benda yang ada di rumahmu . Benda yang kamu gunakan sehar hari . Adakah benda yang bukan berasal dari kayu ,kertas,atau pelastik? 

Bacalah informasi berikut ini 

 Benda dari kaca

                       


 

Adakah benda benda yang dibuat dari kaca . Benda tersebut ,antara lain gelas,piring,mangkuk ,kaca mata , akuarium jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifst kedap air dan tembus cahaya . Oleh karena itu,kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

   

Benda dari logam 



Coba amati benda yang ada di rumahmu ! Adakah benda yang dibuat dari logam ?Benda benda tersebut , antara lain panci ,penggorengan ,sendok sayur,sendok makan ,kerangka mobil ,dan pagar rumah

 

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

 Benda dari Karet



 Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tua mu

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tuamu

Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentubenda. 

Setiap bahan pembentuk benda mempunyaisifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! 

Sebutkan bahan yang biasa digunakanuntuk membuat tempat sampah!

Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya?

Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris?

perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm)

 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Soal Latihan

1.      Tuliskan benda – benda yang terbuat dari plastik!

2.      Untuk mengurangi sampah plastik dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu: reduce, reuse, dan recycle. Recycle berarti . . .

3.   Saat kamu bermusyawarah bersama anggota keluargamu tentang cara mengurangi sampah pelastik di lingkungan rumahmu. Bagaimana jika hasi musyawarah itu tidak sesuai dengan pendapatmu?
4.      Tuliskan sifat bahan benda dari kaca! 
5.      6 m = . . . cm 

RANGJUMAN 



0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template