Hari/Tanggal : Selasa, 2 September 2025
Mata Pelajaran :Matematika dan Seni Rupa
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Selamat pagi ananda sholeh sholehah. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari mengurutkan bilangan sampai 10. Nah pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan materi Bahasa Indonesia dan Matematika. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan berikut, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Capaian Pembelajaran (CP):
- Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
- Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat mengenali dua unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.
- Murid dapat melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10
- Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya
melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10
Tujuan Pembelajaran (TP):
Materi Matematika
Perhatikan gambar berikut!
Berapakah banyak bunga semuanya?
1. Pada gambar pertama terdapat 4 tangkai bunga merah dan 5 tangkai bunga kuning
1. Pada gambar pertama terdapat 4 tangkai bunga merah dan 5 tangkai bunga kuning
4 + 5 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.
2. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 3 tangkai bunga kuning
5 + 3 = 8, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 8 bunga.
3. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 4 tangkai bunga kuning
5 + 4 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.
Materi Seni Rupa
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!
Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa titik, garis, bidang. Sekarang ananda masuk dalam mengenal bentuk organik dan geometri.
Bentuk geometri adalah bentuk yang memiliki ukuran teratur.
🔺 Contoh bentuk geometri:
Lingkaran ⚪ (contoh: bola, piring, jam dinding)
Persegi ⬜ (contoh: papan catur, jendela, sapu tangan)
Persegi panjang ▭ (contoh: pintu, buku, papan tulis)
Segitiga 🔺 (contoh: atap rumah, rambu lalu lintas, potongan pizza)
👉 Ciri-ciri bentuk geometri:
Ada garis lurus atau lengkung yang teratur.
Bisa diukur panjang dan lebarnya.
Bentuk organik adalah bentuk yang berasal dari alam dan biasanya tidak beraturan.
🌿 Contoh bentuk organik:
Daun
Batu
Awan
Pohon
Air yang mengalir
👉 Ciri-ciri bentuk organik:
Tidak selalu sama atau teratur.
Lebih bebas, mengikuti bentuk alami di sekitar.
Tugas Seni Rupa :
Gambarlah bentuk daun berikut ini pada buku gambar kalian
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar.
0 komentar:
Posting Komentar