Minggu, 14 September 2025

SENIN, 15 SEPTEMBER 2025


                             


Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025

Mata Pelajaran    : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia 


Metode dan Media ajar
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, Gambar Burung Garuda, LKPD

Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga.

 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):     

Murid dapat dapat menyebutkan contoh aturan sederhana di rumah dan di sekolah (misalnya: bangun pagi, merapikan mainan, memakai seragam).

Tujuan Pembelajaran (TP): Mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1c. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^ 

Materi Pendidikan Pancasila
Marilah kita simak video pembelajaran berikut ini yaa, 
Let's chek it out!! ^^



Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur segala sesuatu agar kehidupan manusia menjadi tertib.

Sedangkan aturan di rumah merupakan aturan yang dibuat untuk dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan di lingkungan rumah dibuat agar rumah menjadi nyaman dan damai. 

Selain aturan di rumah kita juga bisa menemukan aturan yang ada di sekolah

Contoh aturan disekolah

- Datang kesekolah tepat waktu

- Memakai seragam sekolah 

- Menjaga kebersihan tidak membuang sampah sembarangan

- Mendengarkan guru dengan baik

- Tertib di kelas

- Tidak saling mengejek dengan teman

  



Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) : 
Murid dapat mengenal tanda tanya dan tanda seru
Tujuan Pembelajaran (TP):
Mengenal kalimat tanda tanya dan tanda seru
Materi Bahasa Indonesia 


Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Bermain juga bisa dilakukan sendiri atau bersama teman. Saat bermain kita belajar bekerja sama, jujur dan mematuhi aturan. Dalam bermain kita juga harus Hati-Hati. 
Ayo kita nyanyikan lagu Kalau Kau Suka Hati agar anak anak lebih semangat lagi. 

Good job anak sholih sholihah sudah semangat. 
Setelah kita bersama sama bernyanyi dan menirukan gerakan mari kita mengenal tanda baca pada kalimat yaitu tanda tanya dan tanda seru.. Lihat video berikut ini..


Tanda baca tanya (?) dan tanda seru (!) memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
 - Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya dan menandai bagian kalimat yang diragukan. Contoh kalimat tanya adalah "Sampai di mana ini?" 

- Tanda seru digunakan untuk mengakhiri kalimat seru, larangan, dan perintah. Contoh kalimat perintah yang diakhiri dengan tanda seru adalah "Tolong matikan lampu di ruang itu!" Tanda seru juga bisa digunakan untuk menunjukkan perasaan yang intens atau mendapatkan perhatian. 

Tanda tanya dan tanda seru termasuk tanda baca yang menandai akhir kalimat

REFLEKSI
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat di simpulkan bahwa seluruh murid sudah dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi kalimat dengan tanda tanya dan tanda seru 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template