Jumat, 19 Januari 2024

JUMAT ,19 JANUARI 2023 (TEMATIK)

 


SUBTEMA 1 KEADAAN CUACA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

 Tema 5           : Cuaca

Subtema 2      : Keadaan Cuaca

Tujuan Pembelajaran:

1.       1.Dengan membaca, siswa dapat menemukan kosa kata/istilah dari bacaan teks artikel.

    2.Dengan membaca, siswa dapat menemukan informasi dari teks yang dia baca.


Ayo Mengamati
Perhatikan percakapan Edo dan teman-teman! 



Ayo Membaca

Bacalah artikel berita yang kelompok Edo temukan di koran!

Artikel 1
Pengaruh Cuaca terhadap Kesehatan dan Perilaku

Jakarta, CNN Indonesia–Kondisi cuaca ternyata memiliki berpengaruh besar terhadap manusia. Pengaruhnya adalah sebagai berikut.
1. Udara sejuk dapat membuat tidur menjadi nyenyak. 
Udara yang sejuk, tidak terasa panas. Angin berhembus dengan lembut. Kita pun dapat tidur dengan nyenyak. Kebalikannya, udara yang panas membuat kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman.
2. Hujan dapat membuat alergi kian parah. 
Banyak orang yang pilek karena alergi. Salah satunya karena cuaca dingin. Saat  cuaca hujan, udara menjadi lebih dingin. Alergi pun dapat bertambah parah. 
3. Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati. 
Saat cuaca cerah, langit terlihat biru. Kicauan burung-burung pun terdengar. Suasana ini dapat membuat hati bahagia sepanjang hari.
/

Artikel 2
Perubahan Cuaca Penyebab Kenaikan Jumlah Pasien

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, berbicara tentang dampak perubahan cuaca. 
Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Cuaca panas dan dingin berganti dengan cepat. Daya tahan tubuh menjadi terganggu. Akibatnya, orang mudah terserang penyakit.
Hal ini menyebabkan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat. Dari 400-500 orang per hari, menjadi 600-700 orang per hari. Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien saat perubahan cuaca ini. Penyakit itu adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare. Penyakit tersebut sebenarnya dapat dicegah. Caranya dengan banyak makan sayur, buahbuahan, dan minum air putih. Selain itu, dianjurkan agar warga banyak berolahraga.

Sumber: Antara (disarikan dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/08/25/ov7z7h428-perubahan-cuaca-picu-kenaikan-jumlah-pasien)

Edo, Beni, dan Udin telah selesai membaca kedua artikel berita tentang perubahan cuaca. Mereka lalu berdiskusi untuk menemukan kata atau istilah khusus dari kedua artikel tersebut.
kata atau istilah khusus yang terdapat pada kedua artikel diatas


0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template