Kamis, 25 Januari 2024

KAMIS,25 JANUARI 2024(TEMATIK)


SUBTEMA 3 PENGARUH PERUBAHAN CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Tema  5                 :  Cuaca

Subtema 3            :  Pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia

Pembelajaran      : 2 dan 3

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan cuaca dan pengaruhnya pada aktivitas manusia dengan benar.

2. Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menyimulasikan cara menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik

3. Dengan kegiatan mempelajari materi di blog. siswa dapat menjumlahkan hasil pecahan yang berpenyebut sama


Ayo Berdiskusisi

Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani. Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup. 

Siti mengajak teman-teman berdiskusi. Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.

Perhatikan percakapan mereka berikut ini!



Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.

Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Temanteman lain membawa lauk pauknya. 

Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu-dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya. Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu!



Ayo Berlatih

Perubahan cuaca tak hanya berpengaruh pada hasil panen. Akan tetapi, juga berpengaruh pada alat transportasi. Saat cuaca hujan, mobil, angkutan kota, bahkan bus akan melaju dengan pelan. 
Sore itu, Lani akan pergi ke rumah Opa. Ia berangkat naik bus bersama Mama. Perjalanan ditempuh seperempat hari. Cukup lama dan membuat Lani bosan. Lani menulis soal-soal pecahan. Ini dilakukan
untuk mengusir rasa bosannya.

Apakah kamu dapat memecahkan soal-soal pecahan buatan Lani?
Yuk, kita coba selesaikan bersama!



Contoh Soal : 

Di dalam bus, Lani membuka bekal makanannya. Lani membawa kue lapis yang sudah dipotong
menjadi 10 bagian sama besar.
Lani makan 3 potong kue. Mama makan 2 potong kue. Berapa bagian kue yang dimakan Lani dan Mama?

Jawab: 3/10 + 2/10 = 5/10 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Tugasmu!

Selesaikan soal cerita perpecahan penyebut sama berikut ini.
Tulis menggunakan tulisan tegak bersambung dan gambarlah.

1. Lani membawa bekal buah apel. Satu buah apel dipotong menjadi 8 bagian. Lani makan 4 bagian.  Papa makan 2 bagian. Berapa bagian buah apel yang dimakan Lani dan Papa?
Jawab : ...........................

2. Saat haus, Lani minum air putih dari sebuah botol air mineral. Lani baru meminum seperempat air dalam botol. Mama pun minum seperempat air dalam botol. Berapa banyak air yang telah diminum oleh Lani dan Mama?

Jawab : ........................... 


0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template