Rabu, 31 Januari 2024

RABU, 31 JANUARI 2024( TEMATIK)

 





Tema  5                 :  Cuaca

Subtema 3            :  Pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia

Pembelajaran      : 6

Tujuan Pembelajaran:

1.        Dengan pengalaman yang pernah dilakukan, siswa dapat mensimulasikan bagaimana cara menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik.

2.        Dengan kegiatan menyelesaikan soal latihan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan benar.

3.        Dengan kegiatan mencermati bacaan, siswa dapat menjelaskan makna/ istilah beruhubungan perubahan yang berpengaruh terhadap aktivitas manusia dengan tepat.


Menolong sesama adalah perbuatan mulia. Untuk menolong sesama, kita tidak boleh pilih-pilih. Apa pun latar belakang suku dan daerah asalnya. Perbedaan warna kulit bahkan agamanya. Kita wajib menolongnya.

Ini yang dilakukan oleh Udin dan teman-teman. Mereka mendapat kabar tentang pengungsi Gunung Agung. Mereka segera bergerak menghimpun bantuan. Apakah kamu pernah menunjukkan sikap menolong selama ini?

Tuliskan sikap menolong yang pernah kamu lakukan? Di kolom komentar ya nak!

 

Dayu akan membawa bantuan teman-teman SD Nusantara. Ayah akan mengendarai mobil ke Bali. Dibutuhkan waktu 48 jam perjalanan ke Bali dari Jakarta.

Yuk, kita temani Dayu selama perjalanan ke Bali. Selesaikan soal hitungan di bawah ini.

1.        Ibu membawa melon untuk bekal di jalan. Melon dipotong menjadi 8 bagian. Dayu makan 2/8 bagian melon. Ayah makan 3/8 bagian melon. Berapa jumlah melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu?

Jawaban:

2/8 + 3/8 = 5/8

Jadi melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu sebanyak 5/8.

2.        Selama perjalanan Dayu tak henti makan kue lapis. Satu loyang kue lapis dipotong menjadi 12 bagian. Dayu makan 4/12 bagian kue lapis. Ibu makan 2/12 bagian kue lapis. Berapa bagian kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu?

Jawaban:

4/12 + 2/12 = 6/12

Jadi, kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu sebanyak 6/12.

 

Yuk coba selesaikan tugas dibawah ini di buku tulismu sebagai tugas hari ini!






Temukan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca dalam surat di atas.

Tuliskanlah kata-kata tersebut pada awan-awan yang berarak di halaman berikut ini!

 



Jelaskan makna kata-kata tersebut. Kamu boleh menggunakan kamus untuk melihat makna katanya.

Jawaban:

1.         Matahari: benda angkasa, titik pusat tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas pada bumi pada siang hari.

2.         Cerah: terang (tentang hari, bulan, warna); jernih (tentang kaca).

3.         Hujan: titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan.

4.         Berubah: menjadi lain (berbeda) dari semula.

5.         Cuaca: keadaan udara (tentang temperatur, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas.

 

Tahukah kamu apa itu kamus? Kamus adalah buku yang berisi kata atau istilah. Biasanyadisusun menurut abjad. Kamus juga memberikan penjelasan makna kata atau istilah tersebut. Tahukah kamu cara menggunakan kamus?

Perhatikan petunjuk berikut ini.

1.      Tentukan kata dasar yang dicari.

Misalnya “menjaga”, kata dasarnya adalah “jaga

2.      Buka kamus berdasarkan huruf awal kata dasarnya. Jaga berarti “J” huruf awalnya.

3.      Cari berdasarkan urutan huruf kedua. Jaga berarti “ja

4.      Setelah ketemu letak kata dasarnya, temukan kata yang kita cari. Jaga, menjaga; memelihara; merawat. Udin menjaga kondisi tubuhnya dengan baik.

 

Tuliskan dibuku tulismu sebagai tugas hari ini ya nak!

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template