Selasa, 30 Januari 2024

SELASA, 30 JANUARI 2024(TEMATIK)

 




Tema  5                 :  Cuaca

Subtema 3            :  Pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia

Pembelajaran      : 5 

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan kegiatan menulis percakapan, siswa dapat menyusun informasi tulis tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia dengan benar.

2. Dengan kegiatan berlatih menari, siswa dapat menyimulasikan cara bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3. Dengan menyelesaikan soal hitungan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan berpenyebut sama.


AYO MENGAMATI

Sepulang sekolah, Siti menonton berita di televisi. Pembawa acara menyampaikan prakiraan cuaca hari ini. Cuaca di daerah Siti diperkirakan hujan.Awalnya, Siti berencana bermain sepeda bersama

Lani. Setelah mendengar prakiraan cuaca di televisi. Siti mengurungkan niatnya. Ia akan menelepon Laniuntuk membatalkan rencana mereka.  Simaklah percakapan di telepon antara Siti dan Lani.Lengkapi kalimat yang rumpang dengan kata yang ada pada kotak di bawah ini!

prakiraan       mendung        berawan       sepeda   

batalkan        esok        hujan       cerah


Siti :  Halo, selamat siang. Bisa bicara dengan Lani?

Lani : Halo, iya ini Lani. Siapakah ini?

Siti : Hai, Lani. Ini Siti.

Lani : Hai, Siti. Ada apa?

Siti : Lani, aku baru saja menonton  prakiraan cuaca. Diperkirakan sore ini akan mendung   dan berawan di daerah kita.

Lani :  : Oh, ya? Wah, padahal kita berencana akan main  sepeda  keliling komplek sore ini.

Siti : Iya, sepertinya kita  batalkan saja rencana kali ini. Mungkin bisa   kita lakukan   esok  atau lain waktu. Aku khawatir setelah mendung akan turun  hujan   

Lani :  Baiklah Siti, tidak apa-apa. Kita lakukan lain waktu saat cuaca  cerah .

Siti :  Oke, Lani, sampai jumpa besok di sekolah.

Lani : Sampai jumpa.

Perubahan cuaca dapat terjadi setiap saat. Terkadang kita sudah merencanakan sesuatu. Akan tetapi, mungkin tidak dapat kita lakukan. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak mendukung.  Pernahkah kamu mengalami hal yang sama seperti Siti dan Lani? Ya Tentunya.


Ayo Mengamati

Siti membatalkan rencana bersepeda bersama Lani. Ia menggantinya dengan membaca buku. Buku  yang baru dibeli Ayah kemarin. Selain hobi membaca, Siti juga suka menari. Ayah menghadiahi Siti sebuah buku. Buku itu bercerita tentang tarian tradisional Indonesia. Tahukah kamu tarian apa saja yang ada di Indonesia?

Tari Balen Dadas (Dayak, Kalimantang Tengah)

Tari Serimpi (Yogyakarta dan surakarta)


Tari Piring (Sumatra Barat)

Tari Ratoe Jaro (Aceh)

Tarian Nusantara sangat beragam. Kita boleh mempelajarinya. Tidak selalu harus sesuai dengan daerah asal kita. Boleh dari berbagai daerah. 

Berlatihlah satu tarian Nusantara. Kalian dapat belajar dari teman. Dapat juga dengan orang tua teman yang pandai menari. Atau, belajar melalui  video Cintailah budaya nusantara kita.

Latihan menari sungguh menyenangkan. Ini dapat dijadikan kegiatan alternatif di saat hujan.

Selesai berlatih, Siti beristirahat sejenak. Siti menikmati buah semangka yang telah disiapkan oleh Ibu.   Satu buah semangka, awalnya dipotong menjadi 2 bagian. Lalu dipotong lagi menjadi 4 bagian. Siti baru memakan seperempat bagian. Ia akan melanjutkan seperempat bagian lagi setelah makan malam.

 



Contoh Soal:

ibu dan Siti akan membuat kue bolu. Ibu menghabiskan  3/4 kg tepung untuk satu loyang  kue bolu. Ibu akan membuat 3 loyang kue bolu. Berapa jumlah tepung yang ibu butuhkan untuk 3 loyang kue bolu?

¾ + ¾ + ¾ =  9/4 

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template