Rabu, 10 Januari 2024

RABU, 10 JANUARI 2024 (TEMATIK)

 

SD Al AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

Hari/Tanggal  : Rabu 10 JANUARI 2024

Tema 5            : Cuaca

Subtema 1      : Keadaan Cuaca

Pembelajaran: 1 dan 2 

 

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, siswa dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif.

2.    Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yangutuh menggunakan benda konkret.

3.    Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.

4. Dengan kegiatan diskusi bersama, siswa mampu memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik.

5. Dengan kegiatan bertukar informasi, siswa dapat membuat daftar sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan tepat

Televisi menayangkan acara prakiraan cuaca hari ini. Ada wilayah yang cerah. Ada wilayah yang berawan. Ada pula wilayah yang hujan.

Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat dan waktu tertentuIndonesia memiliki empat jenis cuaca, yaitu cuaca berawan, mendung, hujan, dan cerah.

Oleh sebab itu, sering terjadi pada suatu tempat udara berawan atau hujan turun lebat, tetapi di tempat yang lain cuaca terang benderang. Cuaca dapat diperkirakan dari hasil pengamatan cuaca yang dilakukan secara terus menerus oleh Badan
Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berpusat di Jakarta.

Badan Meterologi dan Geofisika bertugas menyelidiki dan mencatat keadaan udara seperti suhu udara, temperatur udara, tekanan udara, keadaan awan, dan curah hujan. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika memiliki stasiunstasiun pengamatan cuaca yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Ilmu yang mempelajari cuaca dinamakan Meteorologi.

simbol - simbol keadaan cuaca


gambar simbol keadaan cuca
sumber BSE kemdikbud

Saat Udin dan keluarganya menonoton televisi tentang perkiraan cuaca Ibu membawakan kue untuk di potong menjadi dua, setiap potong disebut satu per dua atau seperdua dan jika dipotong menjadi empat, setipa potongnya disebut satu per empat atau seperempat. Nah seperdua dan seperempat itu disebut pecahan.

Pecahan adalah sebagian dari keseluruhan

Pecahan disimbolkan atau dilambangkan dengan a/b

a/b dimana a disebut pembilang yang merupakan sebagian dari keseluruhan

                   b disebut penyebut yang merupakan bagian keseluruhan

 

Contoh : 




gambar pecahan sumber BSE kemdikbud

Kue A

1.        Satu dibagi 2 bagian yang sama.

2.        Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua.

3.        Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua.

4.        Lambang pecahan seperdua adalah .

5.        1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Kue B

1.      Satu dibagi 4 bagian yang sama.

2.      Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat.

3.      Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat.

4.      Lambang pecahan seperdua adalah .

5.      1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.

 

Cuaca malam masih diselimuti hujan. Saat hujan, bulan tak tampak di langit. Ibu mendendangkan lagu Ambilkan Bulan Bu. Ibu menemani Siti belajar di kamar. Ayo, kita bernyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu bersama-sama. Menyanyikan lagu ada yang menggunakan tempo irama yang cepat, ada yang sedang dan ada pula yang lambat. 

Keesokan harinya Siti mengajarkan teman temannya di sekolah menyanyikan lagu Ambilkan Bulan Bu, setelah itu, Siti, Edo dan kawan – kawannya berdiskusi akan mengadakan festival makanan daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki suku bangsa yang berbeda – beda.
Indonesia terdiri atas bermacam - macam suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki budaya yang berbeda. Namun berbeda beda tetap satu jua. Kita Bhineka Tunggal Ika artinya walau berbeda-beda tetap satu jua.

Setiap orang di dalam kelas berasal dari daerah yang berbeda - beda. Ada yang berasal dari daerah sumatera, jawa, kalimantan dan sebagainya. Setiap daerah ada suku yang berbeda - beda pula. Misalnya ada suku jawa, sunda, batak, melayu, minang.

Bebeberapa contoh suku yang ada di Indonesia antara lain :
Suku batak dari provinsi Sumatera Utara
Suku minang atau melayu dari Sumatera Barat
Suku gayo dari Aceh
Suku Jawa dari daerah jawa
Suku sunda dari jawa barat
Suku asmat dari papua dan sebagainya

Setiap daerah mempunyai cuaca yang berbeda – beda. Masih ingatkah kalian apa itu cuaca??tentunya masih ingat ya nak! Dan tahukah kalian bahwa kita dapat meramal keadaan cuaca. Caranya dengan mengamati unsur – unsur cuaca.
Unsur - unsur yang mempengaruhi cuaca antara lain : suhu, tekanan udara dan kelembaban.

Udara yang dingin membutuhkan pakaian dan makanan yang hangat. Sedangkan udara yang panas membutu
hkan makanan yang menyegarkan.






0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template