Selasa, 04 Februari 2020

Tema 6 lingkungan bersih sehat dan asri sub 2

Rumah adalah tempat kita tinggal.
Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga.
Setiap anggota keluarga punya tanggung jawab.
Kerja sama menjaga kebersihan rumah harus dilakukan.
Kasih sayang di lingkungan rumah harus dipelihara.
Jika demikian rumah menjadi nyaman bagi kita.
Rumah yang bersih membuat kita terhindar dar penyakit.
Rumah yang sehat membuat kita betah di dalamnya.
Kita bersyukur memiliki rumah yang bersih, sehat,dan nyaman.

Hari/Tanggal:
Pembelajaran 1

Tujuan Pembelajaran :
• Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan maksud kalimat ajakan dengan tepat.
• Dengan memahami kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan dengan tepat.
• Dengan mengamati gambar, siswa dapat menemukan informasi tentang kegiatan kerja sama dalam keberagaman untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
• Dengan berdiskusi tentang kegiatan kerja sama, siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama dalam keberagaman untuk kebersihan lingkungan di sekitar rumah dengan tepat.
• Dengan mengamati berbagai gerakan manusia, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh manusia sehari-hari dengan tepat.
• Dengan mengetahui berbagai gerakan manusia sehari-hari, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak manusia sehari-hari dalam suatu gerak tarian dengan tepat.
• Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan karunia Tuhan yang telah menganugerahi lingkungan yang bersih dan sehat.

Materi Pembelajaran

• Mengamati gambar
• Membaca teks
• Menjelaskan maksud kalimat ajakan
• Menulis kalimat ajakan
• Mengamati kegiatan di lingkungan rumah
• Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan di lingkungan
• Menyebutkan gerakan manusia sehari-hari
• Berlatih memeragakan gerakan tari






Bacalah dengan suara nyaring.
Lingkungan Sekitar Rumahku
Ini lingkungan sekitar rumahku.
Rumah-rumah bersih dan rapi.
Pohon rindang membuat udara sejuk.
Tidak ada sampah berserakan.
Orang-orang berjalan tertib.
Kendaraan berjalan pelan.
Anak-anak bermain dengan gembira.
Mari kita menjaga lingkungan sekitar rumah kita.


Kalimat yang kamu diskusikan adalah kalimat ajakan.
Kalimat ajakan biasanya diawali dengan kata mari atau ayo.

Buatlah kalimat ajakan yang lain.
Gunakan kata-katamu sendiri.
Tulislah di tempat yang tersedia berikut ini.
1. _____________________________________________
2. _____________________________________________
3. _____________________________________________
4. _____________________________________________
5. _____________________________________________



Amati gambar berikut ini.
Apa yang mereka lakukan?


   

     

    

  Ayo Mencoba 


AYO MENCOBA

Taman di sekitar rumah Udin bersih.
Udin dan teman-temannya bermain di sana.
Tiba-tiba Dayu berdiri.
Ia mengajak teman-temannya berdiri.
Mereka memperagakan berbagai gerakan.
Ada gerakan menyapu dan membuang sampah.
Ada gerakan memungut sampah.
Ada gerakan mengambil dahan kering di pohon.
Ada gerakan menyiram tanaman.
Ayo tirukan gerakan Dayu dan teman-temannya.
Lakukan berulang-ulang.
Buatlah seperti sebuah tarian.











Hari/Tanggal :
Pembelajaran:2

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat pada teks, siswa dapat menggunakan kata ajakan dengan tepat dalam sebuah kalimat.
3. Dengan menyebutkan kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan yang disebutnya dengan benar.
4. Dengan mencontoh gerakan tumbuhan yang berayun, siswa dapat menjelaskan gerak ayunan yang dapat digunakan dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
6. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat mensyukuri atas apa yang telah mereka miliki serta memiliki pemahaman akan hak dan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan. 

Materi Pembelajaran

• Memeragakan percakapan
• Menyebutkan kalimat ajakan
• Menggunakan kata ajakan
• Mengenal gerakan berayun
• Memeragakan gerakan berayun





Peragakan percakapan mereka.
Beni : Hai, Udin.
Udin : Hai, Beni. Mari masuk.
Beni : Terima kasih Udin.
Apa yang sedang kamu lakuka


Udin : Aku baru saja selesai menyiram pohon.
Ayo lihat pohonku ini.
Beni : Wah, subur sekali pohonmu.
Pohonmu membuat lingkungan sejuk.
Mari kita berjalan-jalan mengitari
lingkungan.
Udin : Ide yang bagus.
Berjalan membuat kaki kita kuat.
Kaki melangkah berayun dengan tegap.
Ayo kita ajak teman-teman yang lain.

Kalimat manakah yang termasuk kalimat ajakan?
Sebutkan.




Beni mendatangi rumah teman-temannya.
Ia mengajak mereka berjalan-jalan di lingkungan sekitar.
Apa yang akan dikatakan Beni?
Tuliskan.
Kepada Siti : _________________________________
Kepada Dayu : _________________________________
Kepada Lani : _________________________________
Kepada Edo : _________________________________

Beni dan teman-temannya berjalan-jalan.
Mereka beristirahat di antara pohon yang rindang.
Daunnya berayun-ayun tertiup angin.
Mereka sangat suka melihat gerakannya.






0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template