Selasa, 18 Februari 2020

Tema 6sub 4 pembelajaran 1

Pembelajaran 1
Hari/Tanggal:Selasa/18-02-2020
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan dan contoh guru , siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah dengan tepat.
2. Melalui pembuatan cerita gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan perintah dalam sebuah cerita bergambar dengan benar.
3. Melalui permainan siswa mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga.
4. Melalui penugasan siswa mampu menggambar simbol sila ketiga dengan tepat.
5. Melalui pengamatan pengukuran di lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi masalah sehari-hari terkait dengan pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.
6. Melalui praktik mengukur berat siswa mampu membandingkan hasil pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.

Materi Pembelajaran

• Membaca teks
• Menjawab pertanyaan
• Menunjukkan aturan dan bukan aturan
• Menuliskan kegiatan sesuai aturan
• Memanfaatkan barang bekas
• Berkarya dengan barang bekas
• Membaca teks
• Menjawab pertanyaan
• Menunjukkan aturan dan bukan aturan
• Menuliskan kegiatan sesuai aturan
• Memanfaatkan barang bekas
• Berkarya dengan barang bekas

Orang-orang tinggal di tempat berbeda. Ada yang tinggal di kota.
Ada juga yang tinggal di desa. Semua orang menginginkan lingkungan bersih.
Lingkungan bersih membuat tubuh sehat. Lingkungan kotor membawa penyakit.
Bekerja samalah menjaga lingkungan tetap bersih. Tuhan mencintai orang yang menjaga lingkungan


Lani bercerita tentang bekerja sama
Lani bercerita tentang bekerja sama menjaga lingkungan.
Bacalah dengan nyaring.
Bekerja Sama Menjaga Lingkungan
Siti adalah tetanggaku.
Siti menanam banyak pohon di rumahnya.
Siti menyapu lingkungan rumahnya setiap hari.
Siti selalu membersihkan saluran air di depan rumahnya.
Di halaman rumah tidak ada air tergenang.
Sampah tersimpan di tempatnya dengan rapi..


 




















Keluarga Siti tetangga yang baik. Kami membersihkan saluran air bersama.
Kami menyiram tanaman bersama. Kami bekerja sama menjaga lingkungan.
Aku bersyukur bertetangga dengan Siti.



Amati teks Bekerja Sama Menjaga Lingkungan.
Jawablah pertanyaan berikut.
1. Tuliskan satu kalimat tentang rumah Siti.
Gunakan kata-katamu sendiri.
....................................................................................
2. Siti menanam banyak pohon di rumahnya.
Mengapa Siti menanam banyak pohon?
....................................................................................
3. Beri tahu temanmu tentang rumahmu. Gunakan
kata-katamu sendiri.
....................................................................................
4. Lingkungan rumahmu kotor.
Bagaimana perasaanmu?
....................................................................................


Siti selalu menjalankan aturan di lingkungan rumah.
Amati gambar aturan menjaga lingkungan berikut ini.
Beri tanda √ jika menunjukkan aturan.
Beri tanda × jika tidak menunjukkan aturan.

                               
                                      




                         





 Ayo Berkreasi


Dayu menghias pensil dengan bulu ayam.
Dayu bekerja sama dengan teman-temannya.
Amati langkah-langkah berikut.
1. Siapkan bulu ayam, pensil, lem, kain planel/pita, dan gunting.
2. Berikan lem di sekeliling pensil bagian atas.
3. Tempelkan bulu ayam pada bagian yang sudah diberi lem.
4. Tempelkan planel atau pita agar rapi.
5. Dengan demikian pensil sudah dihias
   

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template