Senin, 03 Februari 2020

Tema 6 lingkungan bersih sehat dan asri pembelajaran 4 dan 5

Hari/Tanggal:03-02-2020
Pembelajaran 4
1. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanggapan terhadap ungkapan petunjuk
2. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat berupa ungkapan petunjuk dan membuat kalimat tanggapannya.
3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi
4. Melalui permainan alat musik ritmis siswa mampu memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu.

Mateari Pembelajaran:
• Melakukan gerak guling depan dalam senam lantai
• Menggunakan ungkapan petunjuk dalam suatu percakapan sederhana
• Memeragakan kuat lemah bunyi menggunakan instrumen musik ritmis

Selesai berolahraga Udin dan teman-teman bermain musik.
Mereka memainkan marakas dan rebana.Sambil bermain mereka belajar membedakan bunyi
kuat dan lemah.Ikuti petunjuk cara memainkan marakas dan rebana.Mainkanlah dengan iringan lagu.Bedakan kuat lemah bunyi lewat permainan alat musik

Ayo Mencoba
 


Ayo M


Ayo Berlatih

Nah, sekarang cobalah membuat kalimat
tanggapan dari petunjuk berikut ini.
1. Petunjuk: Membersihkan debu sebaiknya dengan lap basah
Tanggapan: ……………………………………………..
2. Petunjuk: Letakkan bola di keranjang.
Tanggapan: ……………………………………………….
3. Petunjuk: Selesai digunakan, mainan dikembalikan ke tempatnya.
Tanggapan: ……………………………………………….
4. Petunjuk: Lantai rumah sebaiknya dipel setiap hari.
Tanggapan: ……………………………………………….
5. Petunjuk: Semprot kaca dengan cairan pembersih. Lalu, gosok dengan lap atau karet
pembersih kaca.
Tanggapan: ……………………………………………….

Hari/Tanggal:04-03-2020
Pembelajaran 5

Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk yang ada dalam dialog sosiodrama dengan tepat.
2. Melalui kegiatan bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan petunjuk secara lisan dengan tepat
3. Dengan memisahkan kumpulan benda siswa mampu menjelaskan kembali bagaimana cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.
4. Dengan mengamati prosedur mengurangi dua bilangan siswa dapat mempresentasikan hasil pengurangan bilangan 21-40 menggunakan benda konkret dengan benar.

Materi Pembelajaran

·         Melakukan sosiodrama dengan dialog berisi ungkapan petunjuk
·         Menyelesaikan soal-soal pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam


Merapikan Rumah
Minggu lalu Siti dan orang tuanya menanam bibit cabai.
Mereka menanam di halaman rumah.
Hari ini bibit tersebut sudah tumbuh.
Mereka senang sekali melihat bibit cabai yang tumbuh.
Meskipun ada bibit cabai yang tidak tumbuh.
Simaklah percakapan mereka.
Siti : Ayah, Ibu, lihatlah. Bibit cabai kita sudah tumbuh.
Ibu : Oh, iya benar. Tapi tidak semuanya tumbuh ya.
Ayah : Berarti ada bibit yang kurang baik
Siti : Sayang ya, Yah.
Ayah : Tidak apa-apa. Sekarang bibit yang hidup harus kita rawat dengan baik.
Siti : Bagaimana cara merawatnya, Ayah?
Ayah : Sirami secara teratur pagi dan sore hari.
Siti : Baik, Ayah. Lalu apa lagi?
Ibu : Jangan lupa diberi pupuk secukupnya, Nak.
Siti : Baik, Bu. Aku akan berusaha mengingatnya.
             
              Perhatikan teks percakapan tersebut.
Tunjukkan kalimat ungkapan petunjuknya.
             Tunjukkan pula kalimat tanggapannya.
Bersama temanmu perankan percakapan di atas.

Siti merasa senang ikut merawat tanaman.
Sambil merawat tanaman cabai, Siti belaja menghitung.
Pada awalnya Siti menabur 28 bibit cabai. Tetapi 12 bibit capai tidak tumbuh.
Berapakah bibit cabai yang tumbuh?
Beginilah cara Siti menghitungnya.

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template