Jumat, 07 Februari 2020

Tema 6 sub 2 pembelajaran 3dan 4

Hari/Tanggal:7-2-2020
Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang terdapat pada sebuah rumah dengan tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan tepat.
3. Dengan membaca teks, siswa dapat menggunakan kata ajakan dalam kalimat dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
5. Dengan mengetahui kegiatan-kegiatan kerja sama dalam menjaga lingkungan, siswa dapat menuliskan pengalaman bekerja sama dalakeberagaman di sekitar rumah dengan tepat.
6. Dengan mengamati gambar pengubinan, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan monohedral dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar pengubinan siswa dapat menyusun berbagai bentuk bangun datar untuk membentuk pola pengubinan dengan benar.
8. Dengan menggunakan bentuk bangun datar yang tersedia, siswa dapamenyusun bangun datar membentuk pola pengubinan monohedral dengan tepat.
9. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhayang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

Materi Ajar
• Mengamati gambar
• Menggunakan kata ajakan
• Menemukan kegiatan kerja sama di lingkungan
• Menuliskan cerita pengalaman melakukan kegiatan kerja sama di lingkungan
• Mengamati bentuk-bentuk bangun datar yang ada di rumah
• Menyusun bentuk-bentuk bangun datar

Ayo Mengamati


Edo senang memiliki banyak teman di rumah.
Mereka bermain bersama.
Edo mengajak teman-tema nya ke rumah.
Teman-teman Edo sangat senang.
Mereka mengamati rumah Edo yang sangat rapi.
Mereka menemukan bentuk-bentuk yang sering
mereka lihat.
Ayo amati gambar rumah Edo.
Bentuk apa saja yang kalian temukan?
Sebutkan!




Siti sangat suka dengan rumah Edo. Jalan di depan rumah Edo juga bersih.
Menjaga kebersihan jalan dilakukan bersama-sama. Kegiatan apa yang dapat dilakukan?
Kegiatan bersama yang dapat dilakukan agar jalan bersih:
1. _____________________________________________
2. _____________________________________________
3. _____________________________________________
4. _____________________________________________
5 _____________________________________________



Setiap rumah ada bagian-bagiannya. Semua bagian harus selalu bersih.
Amatilah gambar bagian-bagian rumah berikut ini.
Sebutkan nama-namanya.
Sebutkan nama bentuknya.
Tuliskan pada tempat yang tersedia.


                                   ……………………………..
                                  ………………………………..

                         ……………………………………





Hari/Tanggal
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menunjukkan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menemukan kalimat tanggapan dari kalimat ajakan dengan tepat.
3. Dengan menirukan gerakan pada gambar siswa dapat mempraktikkan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dan manfaatnya dengan tepat.
5. Dengan simulasi gerak, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak manusia sehari-hari dalam suatu tarian dengan lincah.
6. Dengan berlatih tari, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak manusia sehari-hari dengan tepat.
7. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan banyak bergerak di lingkungan sekitar.

Materi Pembelajaran
• Memeragakan percakapan
• Menulis kalimat ajakan dan tanggapan
• Menjelaskan berbagai gerakan ayunan
• Memeragakan gerakan ayunan
• Menjelaskan gerakan ayunan tangan
• Mengenal gerakan tari
• Memeragakan gerakan tari

 




 
 Lingkungan rumah Beni memiliki taman bermain.                                      
Beni dan teman-temannya sering ke sana.
Sore ini Beni mengajak teman-teman bermain.
Mereka bermain dengan hati-hati.
Mereka bermain dengan gembira.


    Ayo Membaca

Peragakan percakapan Beni dan Udin berikut ini.
Beni : Udara sangat sejuk.
Mari kita bermain bola di taman.
Udin : Maaf, aku tidak bisa.
Kakiku sedang sakit.
Beni : Oh, maaf, aku tidak tahu.
Mari kita bermain yang lain saja.
Udin : Ide yang bagus. Kamu teman yang baik.
Beni : Ayo, kita ajak teman-teman yang lain.
Udin : Ayo. Aku sangat suka.

Ayo Menulis

Amati percakapan Udin dan Beni.
Temukan kalimat ajakan dan tanggapan.
Tuliskan di tempat tersedia. Amati percakapan Udin dan Beni.
Temukan kalimat ajakan dan tanggapan.
Tuliskan di tempat tersedi


Kalimat ajakan


Kalimat Tanggapan








Ayo Menari

Di dekat taman bermain ada balai desa. Di balai desa ada banyak kegiatan.
Salah satu kegiatan adalah menari. Dayu sangat suka menari.
Dayu berlatih tari di balai desa. Ia menirukan gerakan sehari-hari.
 


Ayo menyapu                                                       
     


Menyapu                         Memungut sampah              Membuang Sampah      Memetik Ranting




0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template