Selasa, 20 Agustus 2024

RABU 21 AGUSTUS 2024 (MTK,SENI RUPA,BAHASA INDONESIA)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

BAHASA INDONESIA

Capaian Pembelajaran :

Membaca dan memirsa :
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalnya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang diperiksa Peserta didik mampu memaknai kosakata baru.

Tujuan pembelajaran: 

  Peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari - hari. 
  Peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
  Peserta didikdapat menceritakan sebuah kejadian secara runtut dengan bantuan gambar.

Simaklah bacaan yang akan dibacakan guru.
Aturan 20-20–20
Berapa lama kalian melihat layar gawai 
setiap hari?
Terlalu lama menatap layar gawai bisa
membuat mata lelah.
Coba lakukan “Aturan 20–20–20”.
Berhentilah melihat gawai setiap 20 menit.
Carilah sesuatu yang berjarak 20 kaki dari
kalian.
Tatap benda tersebut selama 20 detik.
Dengan begitu, mata kalian bisa beristirahat.
Siapa mau mencoba?

Perhatikan bagian berwarna kuning pada bacaan
“Aturan 20-20-20” di atas.
Kalimat tanya memiliki kata tanya.
Kalimat tanya juga diakhiri dengan tanda tanya.

Berapa
Kata tanya untuk menanyakan banyak/jumlah
Berapa tahun umurmu?
Apa
Kata tanya untuk menanyakan benda/sesuatu
Apa makanan kesukaanmu?
Siapa
Kata tanya untuk menanyakan orang/pelaku 
Siapa yang mengantarmu ke sekolah?
Di mana
Kata tanya untuk menanyakan tempat
Di mana kamu tinggal?
Mengapa
Kata tanya untuk menanyakan alasan/sebab
Mengapa adikmu menangis?
Kapan
Kata tanya untuk menanyakan waktu
Kapan kamu akan naik ke kelas tiga?
Bagaimana
Kata tanya untuk menanyakan cara
Bagaimana cara membuat layang-layang?


Bacalah cerita berikut bersama guru.
Kacamata Kadek
Kemarin Kadek memeriksakan
matanya. Kata Dokter, Kadek
harus memakai kacamata.
Kadek tidak mau!


Namun, tulisan di papan tulis
jadi susah dibaca.
Kadek juga jadi sering
tersandung.
Bagaimana ini?
adek terpaksa memakai kacamatanya.
Wah, semua jadi terlihat lebih jelas!
Ternyata Kadek memang
perlu bantuan kacamata.




Vidio Pembelajaran👇




Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu memahami dan menghitung penjumlahan dengan menggunakan bentuk puluhan

Video Pembelajaran :


Misalnya, nih, Anton sedang bermain kelereng dengan teman-temannya. Sebelum bermain, Anton udah pegang 10 kelereng. Kemudian, Anton ingin beli kelereng dulu di toko sebanyak 5 kelereng.

Kira-kira berapa kelereng yang Anton pegang? 10 kelereng + 5 kelereng= 15 kelereng. Yap, Anton punya 15 kelereng saat ini.

Anton pun berangkat bermain kelereng bersama teman-temannya. Saat bermain, tampaknya Anton kalah dari temannya dan memberikan 7 kelereng kepadanya.

Nah  sekarang berapa jumlah kelereng yang Anton miliki? 15 kelereng – 7 kelereng= 8 kelereng. Supaya mudah, Bapak/Ibu juga bisa mempraktikkannya secara langsung dengan membeli 15 kelereng. Lalu, setelah itu ambil 7 kelereng dan minta siswa untuk menghitung sisa kelerengnya.

Seni Rupa

Elemen : Mengalami (Experiencing)

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk dan atau warna

Alur Tujuan Pembeelajaran : 

1.     Melalui kegiatan mengamati peserta didik dapat memahami unsur garis pada seni rupa dua dimensi

Pengertian Garis

Garis adalah gabungan dari sejumlah titik yang sejajar dan memiliki ukuran yang sama. Garis itu sendiri memiliki dimensi yang bentuknya memanjang dan memiliki arah. Bisa pendek, tebal, panjang, halus, bergelombang, lurus, melengkung dan sebagainya. Apa yang telah menjadi ukuran garis maupun untuk garis itu sendiri tidak ditandai oleh sentimentalitas.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), garis adalah coretan panjang (lurus, bengkok, atau lengkung).Namun, menggunakan ukuran yang bersifat relatif, yang dimaksud dengan ukuran bersifat relatif. Yang dimaksud dengan ukuran relatif meliputi tinggi, rendah, panjang, pendek, besar, tebal, kecil, dan juga tipis. Adapun arah garis ada tiga macam yaitu horizontal, vertikal dan juga diagonal.

Macam - Macam Garis 



REFKEKSI /KESIMPULAN 
Seni Rupa
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa semua peserta didik sudah mampu memahami materi tentang unsur rupa garis pada karya seni rupa. Sehingga Guru akan melanjutkan materi pembelajaran berikutnya.
MTK
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa  hampir semua peserta didik sudah mampu memahami materi tentang penjmlahan.hanya beberapa yg masih blm paham dan dilanjutkan dengan guru memberikan materi kembali secara induvidu.
Bahasa Indonesia
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa  hampir semua peserta didik sudah mampu menyebutkan kata tanya namun belum memahami fungsi dari kata tanya tersebut.hanya beberapa yg masih blm paham dan dilanjutkan dengan guru memberikan materi kembali secara induvidu.


































0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template