Senin, 26 Agustus 2024

SELASA , 27 AGUSTUS 2024 (MATEMATIKA DAN SENI RUPA)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd
CAPAIAN PEMBELAJARAN


Peserta didik mampu menghitung penjumlahan dengan menggunakan bentuk puluhan.

Video Pembelajaran

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu memahami dan menghitung penjumlahan dengan menggunakan bentuk puluhan

Video Pembelajaran :

penjumlahan susun panjang

Penjumlahan dapat dilakukan dengan cara pendek dan cara bersusun panjang. Dalam penjumlahan bersusun panjang, kita harus memisahkan angka berdasarkan nilai tempatnya seperti contoh di bawah ini, kemudian kita jumlahkan ke bawah sesuai dengan nilai tempatnya.




Elemen : Mengalami (Experiencing)

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk dan atau warna

Alur Tujuan Pembeelajaran : 

1.     Melalui kegiatan mengamati peserta didik dapat memahami unsur garis pada seni rupa dua dimensi

Pengertian Garis

Garis adalah gabungan dari sejumlah titik yang sejajar dan memiliki ukuran yang sama. Garis itu sendiri memiliki dimensi yang bentuknya memanjang dan memiliki arah. Bisa pendek, tebal, panjang, halus, bergelombang, lurus, melengkung dan sebagainya. Apa yang telah menjadi ukuran garis maupun untuk garis itu sendiri tidak ditandai oleh sentimentalitas.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), garis adalah coretan panjang (lurus, bengkok, atau lengkung).Namun, menggunakan ukuran yang bersifat relatif, yang dimaksud dengan ukuran bersifat relatif. Yang dimaksud dengan ukuran relatif meliputi tinggi, rendah, panjang, pendek, besar, tebal, kecil, dan juga tipis. Adapun arah garis ada tiga macam yaitu horizontal, vertikal dan juga diagonal.

Macam - Macam Garis 



REFLEKSI/ kesimpulan
Berdasarkan pembelajaran matematika hari ini peserta didik dapat diketahui bahwa hampir semua peserta didik sudah mampu memahami materi tentang penjumlahan dengan teknik panjang dengan baik, namun masih ada 3 peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menjumlahkan dengan teknik panjang dikarenakan peserta didik belum dapat menghitung dengan baik untuk mengatasi hal tersebut Guru akan melatih peserta didik dalam menghitung penjumlahan. Dan untuk pembelajaran seni rupa semua peserta didik sudah dapat mengeksplorasi unsur garis yang diberikan menjadi sebuah karya seni rupa yang indah sehingga guru tidak perlu memberikan perbaikan.
 Dokumentasi kegiatan hari ini:










0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template