Selasa, 27 Agustus 2024

RABU , 28 AGUSTUS 2024( MATEMATIKA ,SENI RUPA , BAHASA INDONESIA)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd
BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan

ATP
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam 
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 
TP
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan hingga 100 

Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara bersusun pendek 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara tanpa meminjam 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara meminjam 

Peserta didik dapat berkreasi membuat karya berkaitan dengan pengurangan secara mandiri.

A. Pengurangan Tanpa Meminjam

Bu Yuyun membeli 1 kotak telur di pasar. 
Satu kotak berisi 67 telur ayam.
Telur diberikan ke Bu fitka 12 butir 
Sisanya , dijual di warung milik Bu Isma.

Ayo hitung sisa telur yang dibeli Bu Yuyun
Gunakan cara bersusun panjang dan bersusun pendek pendek.

Jadi sisa telur yang dibeli Bu Yuyun adalah 55.




BAHASA INDONESIA
Capaian Pembelajaran :

Membaca dan memirsa :
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalnya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang diperiksa Peserta didik mampu memaknai kosakata baru.

Tujuan pembelajaran: 

  Peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari - hari. 
  Peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
  Peserta didikdapat menceritakan sebuah kejadian secara runtut dengan bantuan gambar.


Bacalah cerita berikut bersama guru.


Bagaimana jika teman-teman
mengejeknya?
Bagaimana jika dia tidak bisa
bergerak bebas?
Kadek menyimpan kacamatanya
Namun, tulisan di papan tulis
jadi susah dibaca.
Kadek juga jadi sering
tersandung.
Bagaimana ini?
Kadek terpaksa memakai kacamatanya.
Wah, semua jadi terlihat lebih jelas!
Ternyata Kadek memang
perlu bantuan kacamata.
Guru akan memberikan daftar
kata dari cerita.
Bacalah kata-kata tersebut
dengan lantang.
Lakukan secara bergantian.



Amati gambar-gambar di bawah ini.
Susunlah gambar menjadi kejadian yang berurutan.
Kemudian, ceritakan kejadian tersebut kepada guru.


SIMAK VIDIO DI BAWAH INI 👇


PPT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
S - P - O


Seni Rupa
CP
Pada akhir fase A peserta didik mampu mengamati elemen-elemen rupa di lingkungan kesehariannya dan mengangkat pengalaman kesehariannya secara visual dan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris.
Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam karya seperti kertas gambar mewarnai membentuk memotong dan merekat. 
Peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis bentuk dan warna
TP
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian karya 2 dimensi. 
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa pada karya 2 dimensi. 
Peserta didik mengidentifikasi fungsi media alat dan bahan dalam berkarya. 
Peserta didik dapat membuat contoh karya dua dimensi 
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian karya3 dimensi 
Peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh karya 3 dimensi 
Ringkasan Materi 
1. Mengenal karya 2 dimensi 
Karya 2 dimensi adalah karya seni yang memiliki dua sisi dua sisi itu adalah sisi panjang dan lebar karya seni dua dimensi hanya dapat diamati dari depan 
 Contoh karya dua dimensi 
2. Unsur-unsur seni rupa dalam karya dua dimensi
Unsur-unsur itu adalah: 
a.Titik
b. Garis
c.Bentuk
d.Warna

Latihan Soal 

1. Melipat kertas harus...

a. Lurus

b. Berkelok

c. Lengkung

d. Berliku

2. Karya seni dua dimensi adalah…

a. Karya seni yang memiliki 2 sisi

b. Karya seni yang memiliki 3 sisi

c. Karya seni yang memiliki 4 sisi

d. Karya seni yang memiliki 5 sisi

3. Karya seni dua dimensi hanya bisa diamati dari…

a. Samping dan belakang

b. Depan dan samping

c. Depan saja

d. Samping atas dan bawah

4. Yang bukan termasuk karya seni dua dimensi adalah…

a. Sketsa

b. Kerajinan tanah liat

c. Kolase

d. Montase

5. Yang termasuk karya seni dua dimensi adalah…

a. Karya pahat

b. Patung

c. Kerajinan tanah liat

d. Foto

1. Karya seni tiga dimensi adalah…

Kunci jawaban: Karya seni yang memiliki tiga sisi atau karya seni yang dapat diamati dari berbagai arah.

2. Kerajinan melipat kertas biasa disebut…

Kunci jawaban: Origami

3. Karya seni tiga dimensi dapat dibuat dari bahan… dan bahan…

Kunci jawaban: Keras dan lunak 

4. Sebutkan tiga warna primer!

Kunci jawaban: Merah, kuning dan biru 

5. Sebutkan tiga warna sekunder!

Kunci jawaban: Hijau, orange dan ungu 

6. Bila warna primer dan sekunder dicampur, akan menjadi warna…

Kunci jawaban: Tersier

7. Batik termasuk karya seni … dimensi.

Kunci jawaban: Dua

8. Patung Pancoran termasuk karya seni … dimensi.

Kunci jawaban: Tiga 

9. Lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci termasuk karya seni … dimensi.

Kunci jawaban: Dua

10. Gerabah termasuk karya seni … dimensi.

Kunci jawaban: Tiga

11. Sebutkan 3 macam jenis garis!

Kunci jawaban: Garis lengkung, garis lurus, garis patah-patah dan garis zig-zag.

12. Warna merah bila dicampur warna kuning akan menjadi warna…

Kunci jawaban: Orange

13. Warna Biru bila dicampur warna kuning akan menjadi warna…

Kunci jawaban: Hijau

14. Warna biru bila dicampur warna merah akan menjadi warna…

Kunci jawaban: Ungu

15. Sebutkan tiga hewan apa saja yang dapat dibentuk dengan kertas lipat!

Kunci jawaban: Burung, ikan, kupu-kupu, katak, dan kepiting.

REPLEKSI /KESIMPULAN
Berdasarkan pembelajaran matematika hari ini peserta didik dapat diketahui bahwa belum semua peserta didik  mampu memahami materi tentang pengurangan dengan teknik panjang dengan baik, namun guru akan mengulang kembali materi tersebut di pembelajran selanjutnya.
selanjutnya untuk pembelajaran seni rupa tentang ekplorasi garis peserta didik sudah mampu menguasai materi tersebut dan guru melanjutkan materi.sedangkan untuk materi pembelajaran bahasa indonesia tentang S P O peserta didik belum memahami unsu unsur kalimat maka guru akan mengulangi materi tersebut di pembelajaran selanjut nya.










0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template