Minggu, 11 Agustus 2024

SENIN , 12 AGUSTUS 2024 ( PAK DAN BAHASA INDONESIA )

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd


PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat memahami sikap peduli di lingkungan sekolah.

MATERI: PERILAKU PEDULI

Peduli adalah sebuah nilai dasar dan sikap memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di sekitar. Lebih luasnya peduli merupakan sikap keberpihakan diri seseorang terhadap persoalan atau masalah yang ada di lingkungan sekitar.

CONTOH SIKAP PEDULI DI LINGKUNGAN SEKOLAH

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Sampah merupakan material sisa yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam dalam bentuk padatan, cair, ataupun gas. Begitu besar dampaknya jika sampah dibuang sembarang tempat seperti selokan, taman, sekolah, di dalam kelas, dan tempat lainnya.

2. Membuang Sampah Sesuai dengan Jenis Sampah

Sampah terdiri dari berbagai macam jenis contohnya seperti sampah organik dan anorganik yang memiliki sifat berbeda sehingga perlu adanya tempat terpisah. Memisahkan sampah bisa membuat hidup lebih sehat dan memudahkan pembuangan dan pengolahan kembali.

3. Melaksanakan Piket Kebersihan Kelas

Piket kelas diartikan sebagai kegiatan bersih-bersih secara kolektif yang dilakukan oleh beberapa regu murid untuk mencapai tujuan bersama. Lewat piket kelas, tanpa disadari, murid sebenarnya sedang melatih kerja sama atau gotong royong dengan sesama.

4. Menjaga Kebersihan Kelas dengan Kesadaran Sendiri

Sadar diri akan menjaga kebersihan kelas sangat penting bagi setiap murid. Hal ini bertujuan tanpa diawasi maupun tanpa diperintah murid akan selalu menjaga kebersihan kelas dengan kemauannya dan inisiatif dari diri sendiri.

5. Menegur Teman yang Membuang Sampah Sembarangan

Menegur teman yang membuang sampah sembarangan merupakan sikap berani dalam menegakkan kebenaran. Karena membuang sampah sembarangan merupakan sikap yang keliru yang harus diperbaiki.


Capaian Pembelajaran :

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Menulis

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.


Tujuan Pembelajaran :

Membaca

  • Membaca kata yang sering ditemui sehari-hari.

Menulis

  • Menuliskan huruf kapital pada unsur nama pada kalimat.
Alur Tujuan Pembelajaran :

Membaca

1.1    Melalui membaca bersama teman secara bergantian, peserta didik dapat menyebutkan kata yang sering ditemui sehari-hari.

Menulis

1.2     Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis huruf kapital pada unsur nama dalam penulisan kalimat.


Materi Pembelajaran:





1. Gambar di halaman 28 adalah contoh peta berpikir tentang perasaan.
    Buatlah sebuah peta berpikir bersama guru.
    Tuliskan penyebab rasa takut kalian.
     Kalian juga boleh menambahkan gambar.
2. Apa yang kalian lakukan saat merasa sedih?
   Bagaimana cara kalian menghibur teman yang merasa sedih? 
    Tuliskan jawaban kalian dalam dua kalimat atau lebih.

Penulisan nama orang di awali dengan huruf kapital dan begitu pula jika nama berada di tengah, depan ataupun belakang tetap menggunakan huruf kapital.

Refleksi/kesimpulan :

Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan di kelas 2C, semua peserta didik telah memahami kegunaan huruf kapital namun pada dalam membandingkan bilangan ada beberapa peserta didik yang kesulitan dalam menjawab soal. 











 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template