Minggu, 04 Agustus 2024

SENIN , 5 AGUSTUS 2024 (BAHASA INDONESIA DAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI )

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS 2 C 
YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd


Pendidikan Anti Korupsi

Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui arti sikap tanggung jawab dan contohnya melalu membaca buku teks Pendidikan Pancasila.

TANGGUNG JAWAB

Seseorang yang bertanggung jawab berani mengakui kesalahan yang dilakukan, mereka juga amanah dan dapat diandalkan. Tanggung jawab akan membuat seseorang memenuhi tuntutan pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Orang yang bertanggung jawab tidak akan korupsi, karena yakin segala tindakan buruknya akan dibayar dengan setimpal pula. 


Rasa tanggung jawab tidak begitu saja muncul, akan tetapi terjadinya melalui sebuah proses. Dimulai dari hal-hal kecil, seperti jika mengambil sesuatu harus mengembalikan pada tempatnya. Jika berjanji, janji tersebut harus ditepati. Hal itu dilakukan secara terus-menerus sehingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan dibentuk oleh latihan. Seseorang dapat bertanggung jawab karena telah terbiasa dengan hal-hal yang memerlukan tanggung jawab.


Capaian Pembelajaran :

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Menulis

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.


Tujuan Pembelajaran :

Membaca

  • Membaca kata yang sering ditemui sehari-hari.

Menulis

  • Menuliskan huruf kapital pada unsur nama pada kalimat.
Alur Tujuan Pembelajaran :

Membaca

1.1    Melalui membaca bersama teman secara bergantian, peserta didik dapat menyebutkan kata yang sering ditemui sehari-hari.

Menulis

1.2     Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis huruf kapital pada unsur nama dalam penulisan kalimat.


Materi Pembelajaran:





1. Gambar di halaman 28 adalah contoh peta berpikir tentang perasaan.
    Buatlah sebuah peta berpikir bersama guru.
    Tuliskan penyebab rasa takut kalian.
     Kalian juga boleh menambahkan gambar.
2. Apa yang kalian lakukan saat merasa sedih?
   Bagaimana cara kalian menghibur teman yang merasa sedih? 
    Tuliskan jawaban kalian dalam dua kalimat atau lebih.

Penulisan nama orang di awali dengan huruf kapital dan begitu pula jika nama berada di tengah, depan ataupun belakang tetap menggunakan huruf kapital.

Refleksi : 

Alhamdulilah target capaian pembelajaran bahasa indonesia dan pendidikan anti korupsi hari ini hampir semua memahami tentang penulisan huruf kafital dan pendidikan anti korupsi tentang tanggung jawab guru berhasil menyampaikan materi dengan baik ke peserta didik.dan hanya beberapa siswa yg belum memahami.

















0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template