Hari/Tanggal : Rabu, 6 Agustus 2025
Mata Pelajaran : Bahasa indonesia dan Matematika
Alat Peraga : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Bahasa indonesia dan matematika
Materi Bahasa Indonesia
Bunyi adalah suara yang kita dengar. Bunyi bisa berasal dari alam, benda, hewan, dan manusia. Kita bisa belajar dengan mendengarkan bunyi di sekitar kita.
Materi: Mengenal Suku Kata “ba”, “bu”, dan “be”
Tema: Bahasa Indonesia - Membaca Permulaan
Submateri: Suku Kata Awal “ba”, “bu”, dan “be”
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
-
Mengenal bunyi suku kata “ba”, “bu”, dan “be”.
-
Membaca suku kata “ba”, “bu”, dan “be” dengan benar.
-
Menyusun dan membaca kata sederhana yang mengandung suku kata “ba”, “bu”, dan “be”.
-
Menulis suku kata dan kata yang mengandung “ba”, “bu”, dan “be”.
C. Contoh Suku Kata dan Kata
Suku Kata | Contoh Kata | Contoh Kalimat Sederhana |
---|---|---|
ba | bayi, batu, baju | Bayi itu lucu. |
bu | buku, buta, bunga | Ibu beli bunga. |
be | bebek, betul, besar | Bebek itu berenang. |
Capaian Pembelajaran (CP) Matematika :
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Murid dapat membandingkan dua kelompok benda dan menentukan lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak
Tujuan Pembelajaran (TP):
Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10
Materi Matematika
Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:
Bilangan mana yang lebih besar
Bilangan mana yang lebih kecil
Apakah sama besar atau sama banyak
Contoh Perbandingan Bilangan
Bilangan 3 dan 7
3 lebih kecil dari 7
Ditulis: 3 < 7
Bilangan 9 dan 5
9 lebih besar dari 5
Ditulis: 9 > 5
Bilangan 4 dan 4
4 sama dengan 4
Ditulis: 4 = 4
Video Pembelajaran :
LKPD Matematika
Refleksi:
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi membandingkan angka. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami simbol matematika membandingkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama memahami kembali penjelasan guru dan menonton video pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar