Hari/Tanggal : Rabu , 20 Agustus 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Seni Rupa
Alat Peraga : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi bahasa Indonesia dan Seni Rupa.
Metode dan Media ajar
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP): Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): Murid dapat mengenali unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP): Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!
Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa bidang.
Apa itu bidang?
Bidang adalah unsur seni rupa yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki ketebalan. Bidang bisa terlihat datar dan biasanya terbentuk dari garis-garis yang saling bertemu.
Materi Matematika
Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:
Bilangan mana yang lebih besar
Bilangan mana yang lebih kecil
Apakah sama besar atau sama banyak
Contoh Perbandingan Bilangan
Bilangan 3 dan 7
3 lebih kecil dari 7
Ditulis: 3 < 7
Bilangan 9 dan 5
9 lebih besar dari 5
Ditulis: 9 > 5
Bilangan 4 dan 4
4 sama dengan 4
Ditulis: 4 = 4
Mengurutkan benda sampai 10
Perhatikan gambar berikut.
Gambar di atas merupakan balok dengan warna yang berbeda-beda. Urutkanlah balok tersebut dari yang paling sedikit jumlahnya ke yang paling banyak jumlahnya.
Kemudian setelah itu cobalah mengurutkan balok di atas dari urutan sebaliknya.
Nah anak-anak setelah kita melakukan percobaan mengurutkan benda
berupa balok di atas, dapat disimpulkan bahwa mengurutkan adalah
proses merangkai benda dalam urutan tertentu, Beberapa bilangan
dapat diurutkan dari yang terkecil (paling sedikit) dan dari yang terbesar
(yang paling banyak)
Materi Bahasa Indonesia
Materi: Mengenal Suku Kata “ba”, “bu”, dan “be”
Tema: Bahasa Indonesia - Membaca Permulaan
Submateri: Suku Kata Awal “ba”, “bu”, dan “be”
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
Mengenal bunyi suku kata “ba”, “bu”, dan “be”.
Membaca suku kata “ba”, “bu”, dan “be” dengan benar.
Menyusun dan membaca kata sederhana yang mengandung suku kata “ba”, “bu”, dan “be”.
Menulis suku kata dan kata yang mengandung “ba”, “bu”, dan “be”.
Suku kata adalah bagian dari kata. Dengan mengenal suku kata “ba”, “bu”, dan “be”, kita bisa belajar membaca dan menulis kata-kata sederhana dengan lebih mudah dan menyenangkan.
C. Contoh Suku Kata dan Kata
Suku Kata Contoh Kata Contoh Kalimat Sederhana
ba bayi, batu, baju Bayi itu lucu.
bu buku, buta, bunga Ibu beli bunga.
be bebek, betul, besar Bebek itu berenang.
0 komentar:
Posting Komentar