Senin, 25 Agustus 2025

Selasa, 26 Agustus 2025 (Matematika dan Seni Rupa)

 



Hari/Tanggal        : Selasa, 26 Agustus 2025

Mata Pelajaran     : Matematika  dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 



Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi matematika dan Seni Rupa. 

Metode dan Media ajar

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
    Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 
  1. Murid dapat mengurutkan bilangan sampai 10
Tuj      Tuan Pembelajaran (TP):
  1. Mengurutkan bilangan sampai 10 

Materi Matematika

Bilangan digunakan untuk menghitung dan menyusun banyak benda.
Agar mudah, bilangan perlu diurutkan.
Contoh urutan bilangan dari 1 sampai 10 adalah:

👉 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Urutan ini disebut urutan naik (dari kecil ke besar).

Sedangkan kebalikannya adalah urutan turun:

👉 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1

Contoh

  1. Urutkan bilangan berikut dari kecil ke besar:
    👉 5, 2, 8, 1
    ✅ 1, 2, 5, 8

  2. Urutkan bilangan berikut dari besar ke kecil:
    👉 3, 9, 6, 10
    ✅ 10, 9, 6, 3

Lembar Kerja

Capaian Pembelajaran (CP): Seni Rupa 
Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Murid dapat mengenali dua unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar. 

Tujuan Pembelajaran (TP): 

Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.


Materi Seni Rupa 
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!

Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa titik, garis, bidang. Sekarang ananda masuk dalam mengenal bentuk organik dan geometri.
Bentuk geometri adalah bentuk yang memiliki ukuran teratur.
🔺 Contoh bentuk geometri:
  • Lingkaran ⚪ (contoh: bola, piring, jam dinding)

  • Persegi ⬜ (contoh: papan catur, jendela, sapu tangan)

  • Persegi panjang ▭ (contoh: pintu, buku, papan tulis)

  • Segitiga 🔺 (contoh: atap rumah, rambu lalu lintas, potongan pizza)

👉 Ciri-ciri bentuk geometri:

  • Ada garis lurus atau lengkung yang teratur.

  • Bisa diukur panjang dan lebarnya.

Bentuk organik adalah bentuk yang berasal dari alam dan biasanya tidak beraturan.
🌿 Contoh bentuk organik:

  • Daun

  • Batu

  • Awan

  • Pohon

  • Air yang mengalir

👉 Ciri-ciri bentuk organik:

  • Tidak selalu sama atau teratur.

  • Lebih bebas, mengikuti bentuk alami di sekitar.


Tugas Seni Rupa : 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template