Rabu, 18 Maret 2020

Tema 7 Pembelajaran 3 dan 4

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3 & 4 (Selasa, 17 Maret 2020)

Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda


Hari/Tanggal : Rabu, 18 Maret 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain peran, siswa dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
2. Melalui kegiatan bermain peran, siswa dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
4. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan 
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan 
bantuan konkret dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan 
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan 
bantuan konkret dengan benar.

Materi Ajar :
1. Bermain peran tentang aturan menggunakan benda
2. Mendeskripsikan benda
3. Menyelesaikan soal pengurangan

Ayo Bermain Peran

Bacalah percakapan berikut dengan cermat.
Ibu  : Mengapa kamu sedih, Mutiara?
Mutiara : Penggarisku hilang, Bu.
Ibu : Mungkin kamu lupa menyimpannya.

Tiba-tiba Udin datang.

Udin : Mengapa kamu sedih, Kakak?
Mutiara: Penggarisku hilang, Udin.
Udin : Maksud Kakak, penggaris yang berwarna merah?
Mutiara : Iya, betul, warnanya merah.
Udin  : Maafkan aku, Kakak. Aku tadi meminjamnya sebentar.
Ibu : Udin, kalau meminjam penggaris Kakak, harus minta izin.
Udin : Iya, Bu. Maafkan aku, Kakak.

Kakak dan Udin bersalaman.
Kakak memaafkan Udin.
Udin berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Udin akan meminta izin sebelum memakai barang orang lain.

Ayo Berlatih

Siti anak yang rajin.
Siti merapikan kamar setiap hari.
Hari ini Siti ingin merapikan buku.
Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai.
Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain.
Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.
Siti memiliki 43 buah buku.
Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku.
Ada berapa buku Siti yang tersisa?
Buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.

Coba selesaikan soal berikut ini.

1. Udin memiliki 54 buah mobil-mobilan.
Udin memberikan 23 buah mobil-mobilan kepada temannya.
Mobil-mobilan Udin sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
             ...
             ... -
             ...

2. Dayu membeli bunga mawar sebanyak 64 tangkai.
Dayu memberikan 34 tangkai bunga mawar kepada temannya.
Bunga mawar Dayu sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
            ...
            ... -
            ...

3. Lani mempunyai pepaya sebanyak 46 buah.
Lani memberikan 42 buah pepaya kepada temannya.
Buah pepaya Lani sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
             ...
             ... -
            ...

Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama  (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal jenis-jenis permukaan benda
2. Mewarnai gambar dengan pasir
3. Mempraktikkan gerak meliukkan badan

Ayo Mencoba
Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.


Sekarang amati benda-benda yang ada di sekitarmu.
Adakah benda yang permukaannya kasar?
Adakah benda yang permukaannya halus?
Pasir merupakan contoh benda yang memiliki permukaan kasar.
Pasir dapat digunakan untuk bermain membentuk benda.
Pasir juga dapat digunakan untuk membuat hiasan.
Kertas adalah benda dapat digunakan untuk membuat karya.
Bentuknya juga dapat diubah-ubah.
Kertas dapat dilipat menjadi berbagai bentuk.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk segitiga.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk pesawat dan perahu.
Karet ada yang lentur dan ada yang kaku.
Karet yang lentur dapat ditarik.
Karet yang kaku tidak dapat ditarik.
Karet dapat digunakan untuk mengikat.
Benda memiliki permukaan yang berbeda.
Benda terbuat dari bahan yang berbeda.
Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya.

Tugas 1!
Kerjakan di buku latihan Tema nomor 1 dan tulis soal menggunakan tegak bersambung diberi tanggal dan hari.
bisa dilihat di buku Tema 1 G Halaman 138-139 nomor 1 sampai 5.


           Selamat mengerjakan


0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template