Jumat, 13 Maret 2020

Tema 7 sub 4

Tema 7 subtema 4

Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Manusia tidak hidup sendirian.
Manusia hidup bersama alam.
Ada berbagai benda di alam.
Bentuk dan warna benda berbeda-beda.
Ukuran dan permukaannya pun berbeda.
Setiap benda mempunyai ciri tertentu
Gunakan benda sesuai fungsinya.
Peliharalah benda dengan baik.
Apa saja benda di sekitar yang kamu ketahui?

Hari/Tanggal :
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengelompokkan benda-benda
sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan
sekitar dengan benar.
3. Setelah mewawancarai teman, siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan
benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang
benda-benda dengan benar.
5. Setelah mengamati langkah-langkah pembuatan karya, siswa dapat mengidentifikasi
pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat
atau pasir warna) dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan
dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
Materi Ajar :
1. Mengelompokkan benda berdasarkan
warna, bentuk, dan ukuran
2. Mengenal aturan menyusun benda
3. Membuat karya mengunakan tanah liat
Udin dan Siti sedang bermain bersama.
Udin bermain mobil-mobilan.
Mobil-mobilan Udin berwarna merah.
Siti senang bermain boneka.
Boneka Siti berukuran besar dan halus.
Mereka senang bermain bersama.
Ada banyak benda di sekitar kita.
Benda berbeda bentuk warna dan ukurannya.
Kamar Lani bersih dan rapi.
Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar.
Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi.
Semua benda disimpan pada tempatnya.
Benda-benda itu disusun berdasarkan
kegunaannya.
Lani senang berada di kamar yang rapi dan bersih.
Mari kita mencoba membuat benda kesukaan menggunakan tanah liat.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis 
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama 
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama 
(ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi benda dan kegunaannya
2. Membuat kalimat berdasarkan kosakata tentang benda
3. Mempraktikkan gerak meliukan badan
Benda-benda di sekitar memiliki berbagai ukuran.
Ada benda yang berukuran besar.
Ada benda yang berukuran kecil.
Bola memiliki ukuran yang berbeda-beda.
Bola tenis dan bola pingpong berukuran kecil.
Bola basket dan bola sepak berukuran lebih besar.

Hari/Tanggal :
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain peran, siswa dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda-
benda dengan benar.
2. Melalui kegiatan bermain peran, siswa dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda 
dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis 
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
4. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan 
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan 
bantuan konkret dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan 
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan 
bantuan konkret dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain peran tentang aturan menggunakan benda
2. Mendeskripsikan benda
3. Menyelesaikan soal pengurangan
Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut dengan cermat.
Ibu  : Mengapa kamu sedih, Mutiara?
Mutiara : Penggarisku hilang, Bu.
Ibu : Mungkin kamu lupa menyimpannya.
Tiba-tiba Udin datang.
Udin : Mengapa kamu sedih, Kakak?
Mutiara: Penggarisku hilang, Udin.
Udin : Maksud Kakak, penggaris yang berwarna
merah?
Mutiara : Iya, betul, warnanya merah.
Udin  : Maafkan aku, Kakak. Aku tadi
meminjamnya sebentar.
Ibu : Udin, kalau meminjam penggaris Kakak,
harus minta izin.
Udin : Iya, Bu. Maafkan aku, Kakak.
Kakak dan Udin bersalaman.
Kakak memaafkan Udin.
Udin berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Udin akan meminta izin sebelum memakai barang
orang lain.
Ayo Berlatih
Siti anak yang rajin.
Siti merapikan kamar setiap hari.
Hari ini Siti ingin merapikan buku.
Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai.
Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain.
Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.
Siti memiliki 43 buah buku.
Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku.
Ada berapa buku Siti yang tersisa?
Buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.
Coba selesaikan soal berikut ini.
1. Udin memiliki 54 buah mobil-mobilan.
Udin memberikan 23 buah mobil-mobilan kepada
temannya.
Mobil-mobilan Udin sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
2. Dayu membeli bunga mawar sebanyak 64
tangkai.
Dayu memberikan 34 tangkai bunga mawar
kepada temannya.
Bunga mawar Dayu sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
3. Lani mempunyai pepaya sebanyak 46 buah.
Lani memberikan 42 buah pepaya kepada
temannya.
Buah pepaya Lani sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis 
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam 
membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan 
dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama 
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama 
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal jenis-jenis permukaan benda
2. Mewarnai gambar dengan pasir
3. Mempraktikkan gerak meliukkan badan
Ayo Mencoba
Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang
halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.

Sekarang amati benda-benda yang ada di sekitarmu.
Adakah benda yang permukaannya kasar?
Adakah benda yang permukaannya halus?
Pasir merupakan contoh benda yang memiliki permukaan kasar.
Pasir dapat digunakan untuk bermain membentuk benda.
Pasir juga dapat digunakan untuk membuat hiasan.
Kertas adalah benda dapat digunakan untuk
membuat karya.
Bentuknya juga dapat diubah-ubah.
Kertas dapat dilipat menjadi berbagai bentuk.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk segitiga.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk pesawat dan
perahu.
Karet ada yang lentur dan ada yang kaku.
Karet yang lentur dapat ditarik.
Karet yang kaku tidak dapat ditarik.
Karet dapat digunakan untuk mengikat.
Benda memiliki permukaan yang berbeda.
Benda terbuat dari bahan yang berbeda.
Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain tebak benda, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis 
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah bermain tebak-tebakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis 
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan cara pengurangan dua bilangan cacah (41-99) 
dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan 
pengurangan dua bilangan cacah (41-99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan benda 
konkret dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain tebak-tebakan benda
2. Mengenal berbagai bentuk benda
3. Berlatih menulis
4. Menyelesaikan soal-soal pengurangan
Cara mengenali benda dapat dari permukaan atau bentuknya.
Ada benda yang memiliki permukaan halus.
Ada pula benda yang memiliki permukaan kasar.
Bentuk permukaan benda juga berbeda-beda.
Ada yang berbentuk segitiga dan segi empat.
Ada juga yang berbentuk lingkaran.
Ayo Berlatih
1. perhatikan gambar berikut.
Sebuah toko bola memiliki 62 buah bola. 20 bola tersebut kempis.
Ada berapa bola yang tidak kempis?
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
2. Perhatikan gambar berikut. 
Sebuah toko buku memiliki 48 buah penggaris.
20 penggaris tersebut telah terjual.
Ada berapa penggaris yang belum terjual?
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
... 
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menggali informasi tentang aturan di rumah berkaitan dengan 
benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mendata kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-
benda yang ada di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi hubungan pengurangan dan penjumlahan 
dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengubah kalimat matematika pengurangan menjadi 
penjumlahan dan sebaliknya dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi berbagai bahan
pembuat benda
2. Mengenal hubungan penjumlahan dan
pengurangan
3. Mengenal aturan penggunaan benda-benda
Ayo Berlatih
Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbedabeda.
Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan
benda.
Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas.
Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain,
atau plastik.
Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini?
Adakah bahan benda lainnya?
Coba sebutkan.
 
  
Ayo Berlatih
Ibu Siti memiliki 30 buah gelas. 
Ibu Siti membeli lagi 12 buah gelas.
Gelas ibu Siti semuanya adalah...
Ditulis 30 + 12 = 42
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 12 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-12 = 30
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 30 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-30 = 12
Perhatikan kembali pernyataan berikut.
30 + 12 = 42
42 – 12 = 30

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template