Hari/Tanggal :12-3-2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian lisan atau tulis dengan rapi.
3. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menjelaskan cara
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret
dengan benar.
4. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret
dengan benar.
Materi Ajar :
1. Manfaat tanaman
2. Mengenal berbagai macam makanan
yang berasal dari tanaman
3. Berlatih menulis kalimat pujian
4. Menghitung banyak
Perhatikan gambar berikut.
Tanaman terdiri atas beberapa bagian.
Ada akar, batang, daun, buah, biji, dan bunga.
Setiap bagian tanaman memiliki manfaat.
Salah satu manfaat tanaman adalah sebagai
makanan.
Ada yang dimakan bagian buahnya.
Contohnya jeruk dan pepaya.
Ada yang hanya dimakan bagian daunnya.
Misalnya bayam dan kangkung.
Ada yang hanya dimakan bijinya.
Misalnya kedelai dan kacang hijau.
Kita juga dapat memanfaatkan akar atau
batangnya untuk dimakan.
Contohnya singkong dan tebu.
Kita harus bersyukur kepada Tuhan yang
menciptakan tanaman.
Ayo Berlatih
Pohon pepaya banyak
manfaatnya.
Bagian buahnya dapat dimakan.
Bagian daunnya juga dapat dimakan.
Biji pepaya dapat ditanam kembali.
Biji pepaya tumbuh menjadi tanaman baru.
Petani menanam biji pepaya.
Petani rajin merawat tanaman pepaya.
Pohon pepaya tumbuh dan berbuah.
Buah pepaya dipanen dan dijual.
Seorang petani membawa
hasil panen pepaya ke
pasar.
Petani membawa dua
keranjang buah pepaya.
Satu keranjang berisi 23
buah pepaya.
Satu keranjang lainnya
berisi 26 buah pepaya.
Berapa banyak buah pepaya semuanya?
Banyak pepaya semuanya adalah 23 + 26 = 49
Cara penyelesaian lainnya dengan cara
penjumlahan susun ke bawah.
23
26 +
...
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan aturan merawat tanaman di rumah dengan
benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan merawat tanaman di sekitar sekolah dengan
benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
5. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat mengidentifikasi masalah
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal menggunakan
benda konkret dengan benar.
6. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menjelaskan cara
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret
dengan benar.
7. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menyelesaikan masalah
dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan cacah dengan
hasil maksimal 100 dengan benar.
8. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret
dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal cara merawat tanaman
2. Berlatih menulis kalimat pujian
3. Menghitung banyak penjumlahan
Ayo Mengamati
Ibu dan Dayu senang berkebun.
Mereka menanam sayuran dalam pot.
Pot yang digunakan terbuat dari kaleng bekas.
Ibu dan Dayu menyusun pot dengan rapi.
Ada pot yang disusun berjajar di atas rak.
Ada juga pot yang digantung.
Setiap hari Ibu dan Dayu merawat kebun sayuran.
Sayuran tumbuh subur dan hijau.
Keindahannya membuat suasana rumah tambah
indah.
Hasil tanaman sayuran sangat bermanfaat.
Ibu dan Dayu memasak sayuran dari hasil berkebun.
Perhatikan kembali bacaan tersebut.
Apa saja yang dilakukan oleh Ibu dan Dayu untuk
merawat tanaman sayuran?
Bagaimana cara mereka mengatur tanaman
sayuran agar membuat rumah lebih indah?
Ayo Mencoba
Cobalah berlatih mempraktikkan cara merawat
tanaman.
Berikan pujian untuk teman yang sudah dapat
menata tanaman.
Mari, berlatih menulis pujian sesuai gambar.
Ikuti sesuai contoh.
Pandai sekali Dayu menata
tanaman itu.
Tanaman terlihat lebih indah dan
rapi.
Ayo Berlatih
1. Pedagang A memiliki 52 buah pepaya.
Pedagang B memiliki pepaya 7 buah lebih
banyak dari pedagang A.
Berapa banyak buah pepaya yang dimiliki
pedagang B?
2. Lani memiliki 25 tangkai bunga matahari.
Dayu memiliki bunga matahari 24 tangkai lebih
banyak dari Lani.
Berapa banyak bunga matahari yang dimiliki
Dayu?
0 komentar:
Posting Komentar