Hari/Tanggal :19-3-2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain tebak benda, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah bermain tebak-tebakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan cara pengurangan dua bilangan cacah (41-99)
dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan
pengurangan dua bilangan cacah (41-99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan benda
konkret dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain tebak-tebakan benda
2. Mengenal berbagai bentuk benda
3. Berlatih menulis
4. Menyelesaikan soal-soal pengurangan
Cara mengenali benda dapat dari permukaan atau bentuknya.
Ada benda yang memiliki permukaan halus.
Ada pula benda yang memiliki permukaan kasar.
Bentuk permukaan benda juga berbeda-beda.
Ada yang berbentuk segitiga dan segi empat.
Ada juga yang berbentuk lingkaran.
Ayo Berlatih
1. perhatikan gambar berikut.
Sebuah toko bola memiliki 62 buah bola. 20 bola tersebut kempis.
Ada berapa bola yang tidak kempis?
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
2. Perhatikan gambar berikut.
Sebuah toko buku memiliki 48 buah penggaris.
20 penggaris tersebut telah terjual.
Ada berapa penggaris yang belum terjual?
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menggali informasi tentang aturan di rumah berkaitan dengan
benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mendata kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-
benda yang ada di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi hubungan pengurangan dan penjumlahan
dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengubah kalimat matematika pengurangan menjadi
penjumlahan dan sebaliknya dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi berbagai bahan
pembuat benda
2. Mengenal hubungan penjumlahan dan
pengurangan
3. Mengenal aturan penggunaan benda-benda
Ayo Berlatih
Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbedabeda.
Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan
benda.
Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas.
Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain,
atau plastik.
Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini?
Adakah bahan benda lainnya?
Coba sebutkan.
Ayo Berlatih
Ibu Siti memiliki 30 buah gelas.
Ibu Siti membeli lagi 12 buah gelas.
Gelas ibu Siti semuanya adalah...
Ditulis 30 + 12 = 42
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 12 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-12 = 30
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 30 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-30 = 12
Perhatikan kembali pernyataan berikut.
30 + 12 = 42
42 – 12 = 30
0 komentar:
Posting Komentar