Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5,6 (Kamis, 26 Maret 2020)
Hari/Tanggal: Kamis, 26 Maret 2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan kegiatan menyanyi lagu Bintang Kecil, siswa mampu menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
· Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi aktivitas yang dilakukan saat malam hari dengan tepat.
· Dengan mengukur panjang benda, siswa mampu menentukan panjang benda-benda yang digunakan untuk peristiwa malam hari dengan satuan tidak baku secara benar.
· Dengan mengamati ukuran panjang benda, siswa dapat mengurutkan hasil ukuran panjang benda dengan istilah kurang dari, lebih dari, atau sama dengan secara benar.
Materi Pembelajaran:
· Menyanyikan lagu “Bintang Kecil” sambil mengenal kosakata peristiwa malam hari
· Mengenal nama-nama benda yang dapat digunakan untuk beraktivitas pada malam hari
· Mengukur panjang benda yang digunakan untuk beraktivitas pada malam hari menggunakan alat ukur tidak baku
· Menentukan urutan panjang benda-benda tersebut berdasarkan hasil pengukuran
Ayo Mencoba
Malam ini langit terlihat lebih terang
Siti berkumpul bersama keluarga di rumah
Siti memandang langit dari jendela
Bulan sakit menyinari langit yang gelap
Bintang-bintang bertaburan di langit
Langit mala mini terlihat lebih indah
Siti mengajak ibu bernyanyi lagu “Bintang Kecil”
Bintang Kecil
Ciptaan Daljono
Bintang kecil di langit yang biru
Amat banyak menghias angkasa
Aku ingin terbang dan menari
Jauh tinggi , Ketempat kau berada
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berseri di bawah ini!
Ceritakan gambar-gambar di atas didepan kelas mu
Berceritalah dengan suara yang jelas.
Ayo Mencoba
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasikan kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata tentang peristiwa siang dan malam hari dengan tepat.
· Dengan kegiatan merangkai gambar, siswa mampu menulis cerita tentang peristiwa siang dan malam berdasarkan gambar dengan benar.
· Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat menentukan urutan panjang benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar.
· Dengan kegiatan melengkapi huruf pada kata, siswa mampu menuliskan bunyi sila kelima Pancasila dengan benar.
· Dengan kegiatan menggambar, siswa mampu menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membuat cerita sederhana tentang peristiwa siang dan malam berdasarkan gambar
· Membacakan cerita tentang Peristiwa malam hari di depan kelas
· Mengukur panjang lapangan menggunakan alat ukur tidak baku kemudian mengurutkan sesuai urutan
· Menuliskan simbol sila kelima Pancasila
· Menggambar simbol sila kelima Pancasila
Ayo Mengamati
Bacalah dengan nyaring
Siang Hari yang Cerah
Hari ini Lani sangat gembira
Lani bermain petak umpet bersama teman-teman
Matahari bersinar cerah
Cuaca cerah menambah semangat Lani mencari teman
yang bersembunyi
Malam Bertabur Bintang
Malam ini terlihat cerah
Lani duduk di serambi rumahnya
Bintang bertaburan di langit yang gelap
Angin bertiup pelan dan udara terasa sejuk
Tuliskan perbedaan antara peristiwa siang hari dan malam hari
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
Ayo Mencoba
Siang ini matahari bersinar tidak terlalu terik
Angin bertiup sepoi-sepoi
Udara terasa sejuk
Lani mengajak teman-teman bermain di lapangan
Mereka bermain sambil mengukur panjang lapangan
Masih ingatkah kalian cara mengukur panjang?
Cara mengukur panjang dengan satuan tidak baku
Tugas, Kamis 26 Maret 2020
Mengukur panjang Benda menggunakan satuan tidak baku.
Salinlah Tabel di bawah ini ke buku latihan tema nomor 1, untuk nomor 6-8 diisi sesuai kesukaan anak-anak dan urutkan hasil pengukuran dari yang terkecil !
- GOOD LUCK -
0 komentar:
Posting Komentar