Selasa, 03 Maret 2020

Tema 7 sub 2

Tema 7 sub 2

Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 2 Hewan di Sekitarku
Hewan merupakan benda hidup. Benda hidup disebut juga makhluk hidup. Ada banyak jenis
hewan di sekitar kita. Ada hewan peliharaan dan ada hewan liar.Tempat tinggalnya berbeda-
beda. Ukuran badannya berbeda. Cara bergeraknya pun berbeda. Hewan termasuk makhluk
hidup ciptaan Tuhan. Hewan peliharaan harus dirawat dan disayangi.


Hari/Tanggal :
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis
dengan tepat.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis
dengan tepat.
3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di
rumah dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan
benar.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan
gerak alam dengan benar.
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memperagakan gerak anggota tubuh menirukan gerak
alam dalam suatu tarian dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal aturan merawat hewan
2. Menulis aturan merawat hewan
3. Menyebutkan ungkapan pemberitahuan secara tertulis
4. Menulis informasi tentang cara merawat hewan
5. Menirukan gerak hewan dalam sebuah tarian
Hewan Peliharaan Beni
Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita. Ada kucing yang berkeliaran di luar rumah. 
Ada kucing yang dipelihara di dalam rumah. Beni memiliki kucing peliharaan. Beni sangat 
menyayangi kucing tersebut. Beni selalu merawat kucingnya. Setiap hari Beni memberi makan 
dan minum. Beni juga membersihkan badan dan kukunya. Kucing Beni bersih dan sehat. Beni 
senang bermain bersamanya. Hewan peliharaan harus dirawat dengan baik.
Ayo Berlatih

Hari/Tanggal :
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan secara tertulis  
yang terdapat pada teks dengan tepat.
2. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata ungkapan pemberitahuan secara 
tertulis dengan tepat.
3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan gerak dasar melompat dan memutar 
sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal tempat tinggal hewan
2. Membuat ungkapan pemberitahuan secara tertulis
3. Mengenal gerak hewan

Tempat Tinggal Hewan
Udin, Edo, dan Beni sedang membaca buku
tentang hewan. Mereka mengamati gambar tempat tinggal hewan. Hewan tinggal di tempat yang 
berbeda. Ada hewan yang tinggal di darat. Contohnya ayam, kelinci, dan kucing. Ada hewan 
yang tinggal di air. Contohnya ikan. Ada pula hewan yang dapat tinggal di air dan di darat. 
Contohnya katak. Namun Udin merasa bingung menentukan tempat tinggal kera.Menurut Beni, 
kera tinggal di darat. Namun menurut Edo, kera tinggal di pohon. Bagaimana pendapatmu?
Ayo Berlatih

Perhatikan kembali gambar sebelumnya.
Adakah ungkapan pemberitahuan pada gambar
tersebut?
Ada berapa ungkapan pemberitahuan pada gambar
tersebut?
Sebutkan ungkapan pemberitahuan yang ada pada
gambar.
Cobalah menulis ungkapan pemberitahuan agar
pengunjung menjaga kebersihan kolam.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan ungkapan 
pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
2. Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa dapat menanggapi kata ungkapan 
pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
3. Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat 
hewan di rumah dengan benar.
4. Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menuliskan aturan merawat kelinci di rumah 
sesuai teks dengan benar.
5. Setelah membandingkan gambar banyak benda dari dua kumpulan objek yang banyaknya 
41 sampai 99, siswa dapat menentukan kumpulan objek yang lebih banyak, lebih sedikit, 
dan sama banyak dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengurutkan bilangan dari 41 sampai99 dengan benar.
7. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan bilangan dari kelompok benda 
yang banyaknya 41 sampai dengan 99 dari terkecilatau terbesar ,angka dari bilangan 
terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-
benda konkret dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal aturan tentang hewan
2. Menulis peraturan
3. Menanggapi ungkapan pemberitahuan secara tertulis
4. Bermain peran
5. Menghitung banyak benda
6. Membandingkan banyak benda

Pergi ke Kebun Binatang
Hari minggu Siti dan keluarga pergi ke kebun
binatang.
Siti melihat banyak hewan di sana.
Ada gajah, rusa, jerapah, dan harimau.
Siti ingin memberi makanan pada hewan tersebut.
Tetapi petugas kebun binatang tidak
mengizinkannya.
Hewan memiliki jadwal makan tertentu.
Makanan hewan pun tidak sembarangan.
Siti ingin sekali menyentuh tubuh monyet. 
Namun, petugas pun melarangnya.
Petugas melarang pengunjung mendekati hewan
karena berbahaya.
Siti patuh pada peraturan yang ada di kebun
binatang.

Ayo Berlatih
Ada 9 ekor harimau, 13 ekor beruang, dan 40 ekor
burung.
Hewan yang paling banyak adalah burung.
Hewan yang paling sedikit adalah harimau.
Banyaknya beruang lebih banyak dari harimau,
tetapi lebih sedikit dari burung.
Urutan hewan dari yang paling banyak adalah
burung, beruang, dan harimau.
Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah
harimau, beruang, dan burung.

Isilah titik-titik dengan jawaban yang benar.
Ada 35 ekor ulat, 15 ekor kupu-kupu, dan 45 ekor
ikan.
Hewan yang paling banyak adalah ....
Hewan yang paling sedikit adalah ....
... lebih banyak dari ulat.
... lebih sedikit dari ulat.
Urutan hewan dari yang paling banyak adalah
... , ... , dan ...
Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah
... , ... , dan ...

Bilangan yang paling banyak adalah ...
Bilangan yang paling sedikit adalah...
Urutan bilangan dari yang paling banyak adalah
... , ... , dan ...
Urutan bilangan dari yang paling sedikit adalah
... , ... , dan ...
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak kucing 
dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memperagakan gerak anggota tubuh menirukan gerak 
alam dalam suatu tarian dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan secara lisan dengan 
benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kata ungkapan pemberitahuan secara lisan 
dengan tepat.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan gerak dasar melompat dan memutar 
sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar melompat dan memutar 
sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Menirukan gerak hewan dalam sebuah tarian
2. Menulis ungkapan pemberitahuan
3. Menirukan gerak melompat dan berputar
Ayo Menari
Kucingku Belang Tiga
Ciptaan : Pak Kasur
Kucingku belang tiga
Sungguh manis rupanya
Meong meong bunyinya
Tanda lapar perutnya
Masih ingatkah kamu dengan tarian kelinci?
Bagaimana cara kamu memperagakan gerak kucing
sesuai lirik lagu?
Bagaimana cara temanmu memperagakan gerak
kucing sesuai lirik lagu?
Buatlah ungkapan pemberitahuan.
Isi ungkapan mengenai gerak kucing yang kamu
tiru.
Lakukan kegiatan secara berpasangan.
Sampaikan secara langsung ungkapan
pemberitahuan kepada temanmu.
Tulislah kalimat yang disampaikan temanmu
setelah mendengar ungkapan pemberitahuan yang
kamu sampaikan.
Lakukan secara bergantian.
Contoh.

Hari/Tanggal :
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan secara lisan 
dengan tepat.
2. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata ungkapan pemberitahuan secara lisan 
dengan tepat.
3. Dengan membandingkan banyak benda dari dua kumpulan objek yang banyaknya 41 sampai 
99, siswa dapat menentukan bilangan lebih dari, kurang dari, dengan benar.
4. Dengan menggunakan gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengurutkan bilangan dari 
kelompok benda yang banyaknya 41 sampai dengan 99 dengan benar.
5. Dengan menggunakan gambar yang ada pada buku, siswa dapat menyatakan bilangan lebih 
dari atau kurang dari, dari 41 sampai 99 dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal hewan buas dan jinak
2. Membuat ungkapan pemberitahuan
3. Menyampaikan ungkapan pemberitahuan secara lisan
4. Peraturan dalam memelihara hewan
5. Membandingkan banyaknya benda
Hewan jinak biasanya hewan yang dipelihara
manusia.
Hewan jinak tidak berbahaya bagi manusia
Merawat hewan jinak ada tata caranya.
Hewan buas biasanya tidak dipelihara oleh
manusia.
Hewan buas hidup di alam secara liar.
Hewan buas sangat berbahaya jika dipelihara
manusia.
Untuk memelihara binatang buas, kita harus dilatih
terlebih dahulu.

Ayo Berlatih
Tulislah tiga kalimat pemberitahuan.
Kalimat tersebut berisi pemberitahuan agar
berhati-hati dengan hewan buas.
Contoh:
Cukup lihat dari jauh saja jika kamu ingin melihat
harimau.
1. ...........................................
2. ...........................................
3. ...........................................

Ayo Berlatih
Perhatikan gambar kelompok hewan buas dan
hewan jinak berikut ini.

Ada 30 ekor buaya, 15 ekor harimau, dan 42 ekor
ular.
Hewan yang paling banyak adalah ....
Hewan yang paling sedikit adalah ....
... lebih banyak dari ular.
... lebih sedikit dari ular.
Urutan hewan dari yang paling banyak adalah
... , ... , dan ...
Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah
... , ... , dan ...
30 ekor buaya lebih sedikit dari 42 ekor ular.
Dapat dinyatakan dengan 30 kurang dari 42.
30 ekor buaya lebih banyak dari 15 ekor sapi.
Dapat dinyatakan 30 lebih dari 15.
Cobalah selesaikan soal-soal berikut.

Ayo Berlatih
Isilah titik-titik dengan kata-kata “lebih dari” atau
“kurang dari”.

Hari/Tanggal :
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan yang terdapat 
pada teks/gambar dengan tepat.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggunakan kata ungkapan pemberitahuan yang 
terdapat pada teks/gambar dengan tepat.
3. Setelah membaca teks percakapan, siswa dapat menjelaskan aturan merawat hewan di rumah 
dengan benar.
4. Setelah membaca teks percakapan, siswa dapat memperagakan kegiatan di rumah berkaitan 
dengan aturan tentang hewan dengan baik.
5. Setelah membandingkan gambar banyak benda dari dua kumpulan objek yang banyaknya 
41sampai 99, siswa dapat menentukan kumpulan objek yang lebih banyak, lebih sedikit, dan 
sama banyak dengan benar.
6. Dengan menggunakan gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengurutkan bilangan dari 
kelompok benda yang banyaknya 41 sampai dengan 99 dengan benar.
Materi Ajar :
1. Membuat contoh gambar kemasan pakan hewan
2. Menulis ungkapan pemberitahuan pada kemasan pakan hewan
3. Menghitung dan membandingkan banyak benda
4. Bermain peran menjadi seorang ahli hewan

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar toko makanan hewan tersebut.
Ada 46 bungkus makanan kelinci, 33 bungkus
makanan ikan, dan 65 makanan kucing.
Makanan hewan yang paling banyak adalah ...
Makanan hewan yang paling sedikit adalah ...
Makanan ... lebih banyak dari makanan ikan.
Makanan ... lebih sedikit dari makanan ikan.
Urutan makanan hewan dari yang paling banyak
adalah ... , ... , ...
Urutan makanan hewan dari yang paling sedikit
adalah ... , ... , ...

Ayo Berlatih
Isilah titik-titik dengan kata-kata “lebih dari” atau
“kurang dari”.
1. 66 ................................ 87
2. 98 ................................ 43
3. 77 ................................ 75
4. 65 ................................ 54
5. 46 ................................ 88

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template